Sukses

Haddad Alwi bersama Para Artis dan Tokoh Publik Ajak Masyarakat Jaga Persatuan Indonesia Lewat Gerakan Indonesia Serasi

Sebagai pembuka, pada 2 April 2022 yang lalu telah dirilis lagu pertama berjudul Indonesia Serasi yang dibawakan oleh Kamasean, Abraham Kevin, dan Ebith Beat A.

Liputan6.com, Jakarta Perbedaan pendapat, budaya, ras, suku, agama dll yang terjadi di Indonesia beberapa waktu belakangan telah meningkatkan potensi terjadinya perselisihan. Berangkat dari kekhawatiran akan hal tersebut, Gerakan Indonesia Serasi memiliki tujuan untuk untuk menanamkan sifat lembut hati, sikap moderasi, menerima perbedaan budaya, agama, bicara dan bahasa serta cinta bangsa, terutama di kalangan Gen-Z Indonesia.

Musisi Haddad Alwi Asegaf yang kemudian memrakarsai gerakan tersebut. Ia mengajak sejumlah tokoh dan selebritas untuk bergerak dalam gerakan berskala nasional itu lewat tagar #Indinesiaserasi yang bertujuan untuk menjaga persatuan di tengah ancaman perpecahan akibat perbedaan.

#IndonesiaSerasi menggunakan musik sebagai alat untuk menyampaikan pesan kebaikan, karena musik bersifat universal.

"Musik bersifat universal sehingga bisa diterima oleh masyarakat dari berbagai golongan, tingkat ekonomi dan pendidikan apa pun," kata Haddad Alwi Assegaf selaku pemrakarsa Indonesia Serasi saat konferensi pers virtual, Kamis (19/5/2022).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembuka

Untuk itu sudah disiapkan sejumlah lagu yang akan diviralkan satu demi satu selama sekurangnya setahun ke depan, melalui berbagai platform media sosial seperti Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya. Sebagai pembuka, pada 2 April 2022 yang lalu telah dirilis lagu pertama berjudul Indonesia Serasi yang dibawakan oleh Kamasean, Abraham Kevin, dan Ebith Beat A. Lagu ini diadaptasi dari dua lagu daerah Kalimantan Selatan, yakni Ampar-ampar Pisang dan Paris Barantai.

"Gerakan ini bersifat independen, lintas suku, agama, ras, dan golongan, serta tidak berafiliasi dengan lembaga atau organisasi mana pun," lanjut Haddad Alwi.

 

3 dari 4 halaman

Dukungan

Lagu-lagu berikutnya akan dirilis secara bergiliran di platform yang sama, dan masih diadaptasi dari lagu-lagu daerah Indonesia yang diaransemen ulang. Penggunaan lagu-lagu daerah itu selain dimaksudkan untuk memopulerkan kembali karya para seniman dan komponis Indonesia, juga dimaksudkan sebagai simbol persatuan seluruh budaya Indonesia dalam bingkai NKRI.

Selain didukung oleh Kepolisian Republik Indonesia, gerakan #IndonesiaSerasi juga didukung sejumlah tokoh nasional dari berbagai kalangan, antara lain Alissa Wahid, Addie MS, Kak Seto, dan Ahmad Najib Burhani. Kemudian ada juga dukungan dari sejumlah tokoh agama hingga artis-artis Indonesia, seperti Ustadz Das’ad Latief, Habib Husein Ja’far, Pastor Gilbert, Jessica Mila, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Ahmad Dhani, Opick, Deddy Corbuzier, Pamela Bowie, Cici Faramida, Siti KDI, Daniel Mananta, Ammar Zoni, Melly Goeslaw, Giorgino Abraham, dan lain-lain.

 

4 dari 4 halaman

Libatkan Remaja Indonesia

Untuk lebih menggaungkan gerakan ini, ribuan remaja dan pemuda Indonesia nantinya akan dilibatkan dalam gerakan ini, dengan cara mengajak mereka membawakan lagu-lagu tersebut, membuat kreasi video-clipnya, lalu mengunggah di akun media sosial mereka masing-masing. Hadiah-hadiah menarik akan diberikan kepada mereka yang karyanya dinilai paling bagus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.