Sukses

Sinopsis Our Father, Skandal Keji Dokter Fertilitas yang Diam-Diam Menghamili Puluhan Pasiennya

Liputan6.com, Jakarta Our Father yang dirilis Netflix 11 Mei 2022 lalu, kini tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Di platform streaming tersebut, film dokumenter berdurasi 1,5 jam ini juga langsung menarik perhatian para penggemar film.

Saat artikel ini ditulis pada Jumat (13/5/2022), film ini duduk dalam urutan 10 besar film Netflix yang tayang di Indonesia. Hal ini tak mengherankan, karena kasus yang diungkap di dalamnya sungguh bikin miris dan geleng-geleng kepala.

Peristiwanya sungguh-sungguh terjadi pada tahun pada tahun 1970 hingga 1980-an. Seorang dokter fertilitas bernama Donald Cline di Indiana, Amerika Serikat, diam-diam telah menanamkan benihnya kepada sejumlah wanita yang menjadi pasiennya di klinik kesuburan.

Berikut sinopsis Our Father, yang dijamin bakal bikin bergidik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Puluhan Saudara Tiri

Sejak kecil, Jacoba Ballard menyimpan sebuah rasa tak nyaman di hatinya. Ia merasa dirinya memiliki ciri fisik berbeda dengan ibunya yang berambut dan bermata gelap. Wanita tersebut berambut pirang, dengan mata biru. Setelah dewasa, ia ingin menjawab rasa penasarannya, dengan menjalani tes DNA. Apalagi, ibunya sudah mengakui bahwa Jacoba diperolehnya dari donor sperma. 

Yang ia kaget, setelah dicek dalam situs terkait, ia bukan hanya punya dua atau tiga saudara tiri. Melainkan tujuh. Padahal, angka ideal untuk menggunakan "bibit" dari pendonor yang sama, maksimal hanya tiga kali. 

Bak bola salju, penelusuran Jacoba makin membesar, dan membesar. Jumlah saudara tirinya mencapai angka belasan hingga puluhan. Satu hal yang sama, mereka semua berasal dari klinik fertilitas dokter Cline.

3 dari 4 halaman

Fakta yang Menghancurkan Hidup

Yang bikin ngeri, dokter Cline ternyata tak cuma "menggantikan" posisi para pendonor sperma di kliniknya. Tak jarang, para pasiennya datang dengan suami mereka yang menyerahkan bibit mereka untuk ditanamkan di rahim sang istri. Namun dokter Cline juga menggantikan spesimen dari para pasangan sah ini.

Tak jarang, Jacoba dan saudaranya menemukan "anggota keluarga" lain mereka. Mengabarkan berita ini begitu menghancurkan hati mereka. Banyak yang merasa hidup dan latar belakang keluarga mereka dirampas dan dihancurkan karena kabar ini.  

"Saat ada saudara baru yang muncul, aku tahu aku akan menelepon mereka, dan membuat hidup mereka hancur," kata dia. 

Hanya saja, upaya Jacoba dan para saudaranya untuk membuat ceritanya didengar publik, dan akhirnya mencari keadilan, berulang kali mentok. Bisakah dokter Cline diseret untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya?

4 dari 4 halaman

Review Singkat Our Father

Our Father disajikan dengan gaya umum film dokumenter. Yakni wawancara dengan sejumlah subyek dalam peristiwa aslinya, sekaligus dramatisasi dan petikan rekaman dengan pemeran pengganti. Yang menggetarkan dari Our Fathers adalah cerita human interest dari kisah ini. 

Cerita pilu para anak yang kini mempertanyakan asal usulnya. Soal para ayah yang hidupnya porak poranda. Juga wanita yang merasa secara tak langsung diperkosa oleh dokter yang mereka percaya. 

Tak kalah bikin miris, adalah bagaimana proses peradilan terhadap kasus ini. Para korban yang tak bisa mengklaim diri mereka sebagai "korban", hanya karena definisi dalam kitab hukum.