Sukses

Klarifikasi Cinema XXI soal Heboh Isu Calo Tiket KKN di Desa Penari, Dijual Rp 100 Ribu per Karcis

Jagat maya kemarin dihebohkan dengan isu calo tiket KKN di Desa Penari. Tiket film tersebut dijual Rp 100 ribu per lembar. Pihak Cinema XXI mengklarifikasi.

Liputan6.com, Jakarta Euforia KKN di Desa Penari terus berlanjut pekan ini. Salah satunya, kabar adanya calo tiket yang menjual karcis film KKN Di Desa Penari dengan harga 100 ribu rupiah per orang. Isu ini menyeruak lewat akun Instagram @bioskoppekalongan yang diikuti 30 ribuan orang.

Mimin sedih dehh tiketnya diborong calo calo lalu dijual lagi dengan harga tinggi sampai 100rb per tiket. Baru di buka beberapa menit langsung sold out,” cuit akun tersebut pada 11 Mei 2022.

Menindaklanjuti rumor ini, Showbiz Liputan6.com mengontak jaringan Cinema XXI. Dalam wawancara tertulis pada Kamis (12/5/2022), pihak bioskop menyampaikan sejumlah poin penting.

“Perlu kami sampaikan bahwa akun yang dikonfirmasi rekan media adalah akun yang tidak berhubungan sama sekali dengan Cinema XXI,” kata Head of Corporate Communications and Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah Mitigasi

Dewinta Hutagaol menyebut pihaknya kini melakukan penelusuran lebih lanjut kepada tim terkait. Berdasarkan data, tiket di bioskop Pekalongan habis terjual di pagi hari, dari tanggal 30 April 2022 sampai 11 Mei 2022.

“Sebagai langkah mitigasi, tim kami di lapangan telah bekerja sama dengan pihak mal untuk mencegah terjadinya praktik percaloan,” ujarnya lalu menggarisbawahi budaya beli tiket di jalur daring.

3 dari 4 halaman

Cegah Praktik Percaloan

Salah satunya melalui aplikasi pemesanan tiket milik Cinema XXI, yakni m.tix. Berdasarkan data internal XXI, penjualan tiket film-film box office melalui daring berkontribusi lebih besar dibandingkan secara luring.

“Untuk mencegah praktik percaloan secara online, kami telah memberlakukan prosedur pembatasan jumlah pembelian tiket di mana setiap akun m.tix hanya boleh beli maksimum 10 tiket per hari,” urai Dewinta Hutagaol.

4 dari 4 halaman

Fenomena Antre Helm

Terpisah, sutradara Awi Suryadi mengabarkan antrean tiket KKN di Desa Penari pekan ini masih mengular. Salah satunya di Bojonegoro, Jawa Timur. Calon penonton sampai antre menggunakan helm. Awi mengirim dokumentasi berupa tangkapan layar video antre helm di bioskop.

Pengin nonton KKN tapi malas antre helm. Ngantre pakai helm dong, nangis banget. Yok semangat antrenya,” tulis seorang netizen dalam konten itu. Dalam dokumentasi tampak helm berjejer di halaman bioskop New Star Cineplex.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.