Sukses

Pesan Mieke Wijaya Kepada Anaknya Saat Kondisinya Drop Sebelum Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta Mieke Wijaya meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit diabetes dan juga kanker yang diidapnya, Selasa (3/5/2022). Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, pemeran Bu Broto dalam serial Losmen sempat mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Selama Ramadhan, kurang lebih selama satu bulan Mieke Wijaya mendapatkan menjalani rawat inap. Namun jelang Idul Fitri 1443 H, Mieke Wijaya minta pulang ke rumah agar bisa merayakan hari yang fitri bersama anak dan cucu-cucunya di rumah.

Nia Zulkarnaen menceritakan, ketika malam takbiran kondisi kesehatan Mieke Wijaya sempat menurun, hingga akhirnya keluarga memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit lagi untuk menjalani perawatan intensif.

"Jadi pas pulang pertama enggak apa-apa, tapi sehari sebelum Lebaran drop. Nah pas malam takbiran drop banget," ungkap Nia Zulkarnaen di rumah duka di kawasan Cilandak, Jakarta, Rabu (4/5/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pesan Mieke Wijaya

Dengan kondisi seperti itu, Nia Zulkarnaen berharap mendapatkan perawatan di ruang ICU agar bisa terselamatkan. Namun mengingat pesan ibunya, Nia Zulkarnaen mengurungkan hal tersebut.

"Pas mama sakit tuh kasih pesan, enggak mau seperti papa, dimasukin ke ICU. Akhirnya kami sepakat, semua anaknya ya ikutin amanah mama," jelas Nia Zulkarnaen.

3 dari 4 halaman

Diabetes dan Kanker

Nia Zulkarnaen menyebut awalnya sang bunda mengidap penyakit diabetes. Namun setelah diperiksa secara teliti oleh pihak rumah sakit, ternyata di tubuh Mieke Wijaya juga bersarang kanker. Meskipun tak dijelaskan kanker apa yang dideritanya.

"Mamah awalnya dari diabetes. Akhirnya ada Kanker," kata Nia Zulkarnain.

4 dari 4 halaman

Tak Pernah Mengeluh

Selama sakit Mieke Wijaya tidak penah mengeluh tentang kondisi tubuhnya yang digrogoti diabetes dan kanker. Lantaran hal itu, anak-anaknya tidak pernah tahu kalau ternyata ibunya sedang menahan sakit akibat penyakit tersebut.

"Mamah sakit diam saja kita semua tidak tahu. Ibu luar biasa, baik, tidak mau menyusahkan orang," kata Nia Zulkarnaen lagi.