Sukses

Zinidin Zidan Klarifikasi Video Soal Tudingan Melecehkan ABK, Warganet: Captionnya Asal Copas, Nggak Niat Minta Maaf

Liputan6.com, Jakarta Zinidin Zidan dan Tri Suaka masih terus menjadi perbincangan di media sosial. Video mereka saat memarodikan gaya nyanyi Andika Kangen Band seperti menjadi awal kemarahan warganet kepada mereka.

Sejak saat itu, warganet sepertinya tak hentinya mencari kesalahan-kesalahan lama Zidan dan Tri Suaka. Salah satunya adalah ketika beredar sebuah video saat keduanya tengah bertingkah tidak wajar.

Netizen menilai dalam video itu keduanya berlagak seperti anak berkebutuhan khusus atau ABK. Walhasil Tri Suaka dan Zinidin Zidan panen kecaman. Tri Suaka sendiri telah melakukan klarifikasi melalui unggahan di Instagram-nya, ia menyampaikan permohonan maafnya.

Dalam unggahannya itu, Tri Suaka bersumpah tidak memiliki niat sedikitpun untuk melecehkan ABK. Di waktu yang berdekatan, Zinidin Zidan juga melakukan hal yang sama. Ia juga menyampaikan permohonan maaf melalui unggahan di Instagram pribadinya. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Klarifikasi

"Kepada orang tua yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Demi Allah, saya dan Bang Tri Suaka tidak ada niat sama sekali untuk melecehkan atau menghina Anak Berkebutuhan Khusus. Apa yang kami peragakan dalam video yang viral belakangan, adalah gerakan dalam trend KULBET (kul banget) yang populer di Tiktok/IG," tulis Zidan. 

"Gerakan itu pun bukan kami yang menciptakan dan mempopulerkan. Kami membuat video itu saat trend kulbet sedang ramai. Bapak dan Ibu bisa cek trend kulbet di TikTok maupun IG. Sekali lagi, kami tidak berniat menghina ABK apalagi melecehkan. Kami pun tidak menyangka bahwa video tersebut bisa disalahartikan dan disebarkan hingga menimbulkan keresahan. Sekali lagi kami mohon maaf atas kehebohan yang terjadi," sambungnya. 

 

3 dari 4 halaman

Asal Salin

Dari permintaan maafnya itu, warganet menyadari bahwa Zidan hanya menyalin tulisan yang ada di dalam unggahan Tri Suaka. Dari situ, Zidan kembali mendapat kritikan dan hujatan dari warganet. Mereka menilai permohonan maaf Zidan tidak tulus. 

"captionnya asal copas @xdjtrisuaka," tulis @caksunni. 

"@caksunni iya sama persis..gak niat minta maaf apa males ngetik 😂," balas @hari_widjanarko. 

"Status tulisan nya copy paste dari IG @xdjtrisuaka cuk.. Bad attitude banget ini orang," tambah @harisoelistyoadi. 

 

4 dari 4 halaman

Melecehkan

Tak hanya itu saja, warganet juga tidak begitu saja percaya dengan alasan Zidan yang menyebut bahwa aksinya itu adalah gerakan dalam trend Kulbet di IG/TikTok. Beberapa meyakini bahwa aksi Zidan itu sudah mengarah pada melecehkan.

"Sorry bro @zinidinzidan_real , parodimu tdk menunjukan KULBET, KULBET yg dikenal banyak org itu tdk dengan menggerakkan mimik wajah dan gerakan mulut/bibir yg kita tau bersama itu ciri khasnya mimik penderita Autis. Trisuaka real Parodi KULBET krn tanpa ada gerakan tambahan , tp parodimu sama skali tidak menunjukan KULBET. Hati2 bakal bisa di somasi sama komnas disabilitas nasional. Cm mengingatkan," tegur @milamurzy. 

"Gerakan kearah ABK..... Sudah sakit hati, harusnya sebagai influencer jgn bgitu," timpal @riss_kei.