Sukses

Tri Suaka Meminta Maaf kepada Andika Kangen Band, Langsung Banjir Nasihat Para Musikus Senior

Liputan6.com, Jakarta Musikus Tri Suaka menjadi buah bibir setelah ia menyanyikan lagu cover Kangen Band bersama Zinidin Zidan yang berjudul "Penantian Yang Tertunda". Momen tersebut diabadikan dalam sebuah live di media sosial hingga akhirnya potongannya beredar di media sosial dan menjadi isu yang ramai.

Dalam live tersebut, Tri Suaka terlihat menyanyikan lagu Kangen Band dengan gaya yang santai sambil meniru vokalis band tersebut, Andika Mahesa. Namun setelah video viral beredar, Tri Suaka malah dianggap merendahkan Andika Mahesa oleh sejumlah penggemar sang musikus senior.

Buntutnya, Andika Mahesa pun melontarkan gelagat tersulut api kepada Tri Suaka. Mulai dari memajang potret-potretnya saat tampil di panggung besar dengan banyaknya penonton. Sampai melibatkan kuasa hukum.

Menyikapi banyaknya hujatan yang datang, Tri Suaka pun menyampaikan permohonan maafnya kepada Andika Mahesa melalui media sosial. Kontan saja sejumlah musikus senior langsung mengomentari permintaan maaf Tri Suaka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Ucapan Maaf

"Saya Tri Suaka, dengan adanya video ini saya ingin meminta maaf dengan bang Andika Kangen band dan juga Kangen band khususnya, dan juga buat bang Rizal Armada, dengan adanya video Tri memparodikan gaya bernyanyi," ujar Tri Suaka di awal videonya.

"Semoga saja dengan adanya video ini, abang-abang memaafkan kesalahan Tri. Mungkin Tri waktu itu tidak tahu kalau itu bisa menyindir perasaan. Tapi InsyaAllah Tri tidak ada keinginan buat mengejek ataupun berniat buruk di konten itu karena itu juga yang merekam orang. Tri InsyaAllah dalam hati enggak ada keinginan menyinggung," tuturnya menyambung.

"Tri juga respect sama karya-karyanya abang. Semoga dengan adanya video ini Abang memaafkan kesalahan Tri. Juga buat fans Kangen band, siapa pun yang melihat video ini, maafkan kesalahan saya. Semoga ini menjadi pelajaran buat saya pribadi," ia menambahkan.

 Dalam keterangan foto, Tri Suaka terlihat menyolek akun Instagram milik Andika, Kangen Band, Dodhy Kangen Band, dan Rizal Armada.

"Dengan adanya video ini tri menyampaikan permohonan maaf tri buat abang abang @babang_andikamahesa @kangenbandreal @dodhyofficial @rizalarmada," tulis Tri Suaka dalam keterangan video, seperti yang ia sampaikan dalam ucapannya.

"Insya Allah tri tidak ada niatan untuk menyinggung ataupun berniatan yg negatif d video itu bang. Dan juga kepada musisi2 senior. Tetap bimbing tri jika tri salah bang. Sekali lagi tri minta maaf yaa bang 🙏🙏🙏," sambung Tri Suaka dalam keterangan foto.

 

3 dari 5 halaman

Nasihat Para Musikus

Setelah menyampaikan permintaan maaf sambil memohon bimbingan kepada para senior, Tri Suaka pun langsung dibanjiiri komentar dari para musikus yang lebih lama berkarier dari dirinya.

Nama-nama musikus populer yang eksis sejak era 1990-an maupun awal 2000-an terlihat menyampaikan nasihat mereka kepada Tri Suaka dalam komentarnya.

Beragam nasihat baik itu bergaya dukungan dan motivasi maupun saran dan masukan pun disampaikan kepada Tri Suaka pada komentarnya.

 

4 dari 5 halaman

Anji sampai Ifan Seventeen

Para musikus senior yang terlihat menyampaikan nasihat tersebut di antaranya adalah Anji dan Ifan Seventeen.

"Ini berarti Tri udah diliat sama industri, jadi ga boleh sembarangan lagi ya. Tetap semangat, belajar dari kesalahan. Karna penyanyi mau cari yang suaranya lebih bagus, banyak. Lagunya lebih bagus, juga banyak. Yang fisik lebih bagus, umur lebih muda, juga pasti selalu ada yang lebih. Tapi yang akan membedakan adalah attitude. Tri orang baik, @babang_andikamahesa juga orang baik yang pemaaf, mudah2an bisa ktmu dalam kesempatan yg baik :)," tulis Ifan.

"Pelajarannya banyak dalam hal ini, Tri. Abang tahu kamu pasti tidak akan pernah ada maksud menyinggung, seperti yang diprasangkakan dalam potongan video yang bisa menimbulkan banyak asumsi. Semoga segera ketemu sama @babang_andikamahesa dan mendapat hasil obrolan yang baik," tulis Anji.

 

5 dari 5 halaman

Dukungan Musikus Lainnya

Nama lain yang juga mendukung Tri Suaka setelah ucapan maaf tersebut datang dari Ruri Repvblik dan Richie Five Minutes.

"Mengakui sebuah kesalahan dan minta maaf bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tak sedikit orang yang gengsi dan mempunyai ego tinggi untuk meminta maaf, Jadikan pelajaran untuk menjadi lebih baik lagi," tulis Ruri Repvblik.

"Semua org pernah melakukan kesalahan dan untuk mengakui atau meminta maaf atas sebuah kesalahan bukanlah hal mudah..perlu mental yg kuat...dan kebesaran hati....perbaiki dan saling menghargai...salute proud of you 👏🙌 @xdjtrisuaka @babang_andikamahesa," kata Richie FM.

Keempat nama di atas hanyalah segelintir dari banyaknya musikus senior yang berkomentar di ucapan maaf Tri Suaka.