Sukses

Reza Rahadian Perkenalkan Akademi Citra, Bukti FFI Selalu Berbenah

Reza Rahadian mengumumkan pergelaran FFI 2022 dengan memperkenalkan empat duta dan Akademi Citra. Berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Festival Film Indonesia atau FFI kembali digelar tahun ini mengusung tema “Perempuan: Citra, Karya, dan Karsa.” Ini disampaikan Ketua Komite FFI Reza Rahadian kepada awak media di Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Dalam kesempatan itu, ia memperkenalkan empat Duta FFI yakni Cut Mini, Marsha Timothy, Prilly Latuconsina, dan Shenina Cinamon. Selain Duta FFI 2022, Reza Rahadian memperkenalkan Akademi Citra.

Akademi Citra adalah kelompok beranggota 300 orang lebih, mereka adalah para pemeran Piala Citra dari masa ke masa. Para seniman ini akan berpartisipasi dalam penentuan nominasi dan pemerang FFI.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Akademi Citra

“Jumlah keseluruhan ada di angka 300 lebih. Saya tidak ingat persis jumlahnya 357 kalau tidak salah. Itu jumlah peraihnya,” kata Reza Rahadian dalam interviu virtual dengan Showbiz Liputan6.com.

Para pekerja seni yang mendapat pengakuan FFI ini akan dikontak panitia melalui Sekretariat FFI untuk diundang terlibat. Bersedia atau tidak itu hak mereka. Sejauh ini hampir 100 orang menyatakan bersedia.

3 dari 5 halaman

80 Sampai 100

“Saat ini yang sudah masuk di kami kisaran 80 sampai 100. Karena ini baru kita umumkan hari ini, progress ke depan akan terus berlangsung,” aktor peraih empat Piala Citra ini menyambung.

Akademi Citra menarik karena mengadopsi sistem di mana tiap profesi akan menentukan atau menilai sesuai dengan divisinya masing-masing. Aktor menilai khusus bidang akting. Editor menilai editing, dan seterusnya.

 

4 dari 5 halaman

Mengapa Ini Bisa Terjadi?

“Mengapa ini bisa terjadi, karena ada masukan-masukan yang kami terima dari tahun sebelumnya, yang tidak bisa dilaksanakan tahun sebelumnya karena persiapan pendek,” jelas Reza Rahadian.

Akademi Citra adalah respons terhadap masukan dari banyak pihak agar FFI melibatkan peran asosiasi-asosiasi profesi yang terlibat dalam produksi film. Mengingat, film adalah kerja kolektif.

5 dari 5 halaman

Citra, Karya, Karsa

“Perempuan: Citra, Karya & Karsa” adalah tema umum dan tidak mengikat tema film-film yang akan berpartisipasi di FFI 2022. Kata Citra melambangkan keindahan perempuan yang abadi.

“Karya melambangkan ciptaan yang lahir dan Karsa melambangkan sumber kekuatan keindahan karya yang lahir dari perempuan. Perempuan dalam perfilman Indonesia adalah sumber kelahiran karya,” ulas Reza Rahadian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.