Sukses

6 Pasutri Ini Raih Nominasi Piala Oscar di Tahun yang Sama, Terbaru Javier Bardem dan Penelope Cruz

Oscar 2022 diwarnai fenomena langka. Pasutri Javier Bardem dan Penelope Cruz meraih nominasi kategori akting. Dalam sejarah, selain mereka, siapa lagi?

Liputan6.com, Jakarta Malam puncak Oscar 2022 atau Academy Awards ke-94 akan digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, AS, 27 Maret 2022, waktu setempat. Daftar lengkap nominasi telah dirilis pada 8 Februari 2022.

Ada catatan menarik mencermati deretan nominasi tahun ini. Salah satunya, pasutri Javier Bardem dan Penelope Cruz yang jadi nomine Pemeran Utama Terbaik, masing-masing lewat Being The Ricardos serta Parallel Mothers.

Sepanjang sejarah sinema dunia, sepertinya hanya ada 6 pasangan suami istri yang meraih nominasi Oscar pada tahun yang sama. Silakan simak laporan khas Showbiz Liputan6.com berikut ini.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Alfred Lunt dan Lynn Fontanne

Benar-benar romantis. Pasangan Hollywood era klasik Alfred Lunt dan Lynn Fontanne dinominasikan untuk Pemeran Utama Pria serta Wanita Terbaik lewat film yang sama, The Guardsman. Nasib mereka pun sama, pulang dengan tangan hampa.

Di ajang Oscar 1932, Alfred Lunt dikalahkan Fredric March (Dr. Jekyll and Mr. Hyde) sementara sang istri harus mengakui kesaktian Helen Hayes yang tampil meyakinkan di The Sin of Madelon Claudet.

 

3 dari 7 halaman

2. Charles Laughton dan Elsa Lanchester

 

Masuknya Charles Laughton sebagai nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik di ajang Oscar 1958 lewat Witness for the Prosecution (1957) sebenarnya bukan hal baru karena ia telah menang di kategori yang sama lewat film The Private Life of Henry VIII (1934).

Menjadi istimewa karena di tahun yang sama, sang istri, Elsa Lanchester meraih nominasi Oscar Pemeran Pendukung Wanita Terbaik berkat perannya sebagai Miss Plimsoll dalam Witness for the Prosecution (1957).

 

4 dari 7 halaman

3. Frank Sinatra dan Ava Gardner

Penggemar garis keras Frank Sinatra mengamini tahun 1954 salah satu fase penting sang legenda. Lewat film From Here To Eternity, Frank Sinatra meraih Piala Oscar Pemeran Pendukung Pria Terbaik.

Pada tahun ini, istrinya kala itu, Ava Gardner masuk bursa Academy Awards Pemeran Utama Wanita Terbaik lewat Mogambo, namun kalah. Kabar sedihnya, tiga tahun setelah momen bersejarah itu, keduanya cerai.

 

5 dari 7 halaman

4. Rex Harrison dan Rachel Roberts

 

Lewat Cleopatra, Rex Harrison meraih nomionasi Pemeran Utama Pria Terbaik. Istrinya kala itu, Rachel Roberts dinominasikan di kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik berkat film This Sporting Life (1963). Mereka pulang dengan tangan kosong.

Sang aktor punya riwayat enam kali menikah. Pernikahan dengan Rachel Roberts adalah yang keempat. Pasangan ini naik pelaminan pada 1962. Sayang, sembilan tahun kemudian rumah tangga mereka ambruk.

 

6 dari 7 halaman

5. Richard Burton dan Elizabeth Taylor

 

​Hollywood mencatat Richard Burton dan Elizabeth Taylor fenomena eksentrik. Keduanya menikah pada 1964 lalu cerai tahun 1974. Setahun kemudian, keduanya menikah ulang tapi sayang, cerai lagi pada 1976. Bukan berarti tak yang layak dikenang dari tragedi ini.

Pasalnya, pada 1966, pasutri ini jadi nomine Pemeran Utama Pria dan Wanita Terbaik lewat film Who's Afraid of Virginia Woolf? yang meraih 13 nominasi Oscar. Film ini membawa pulang lima piala, salah satunya untuk Elizabeth Taylor. Sayang, malam itu ia tak hadir.

 

7 dari 7 halaman

6. Javier Bardem dan Penelope Cruz

 

Tahun ini, Javier Bardem nomine Pemeran Utama Pria Terbaik lewat Being The Ricardos. Pelenope Cruz dinominasikan via Parallel Mothers. Ini kali keempat mereka jadi nomine. Uniknya, mereka punya riwayat sekali menang Oscar kategori Pemeran Pendukung Terbaik.

Javier Bardem meraih Oscar Pemeran Pendukung Pria Terbaik lewat No Country For Old Men pada 2008. Setahun kemudian, Penelope Cruz yang menggenggam Piala Oscar Pemeran Pendukung Wanita Terbaik berkat Vicky Cristina Barcelona. Kok, bisa? Semesta mengatur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.