Sukses

Artis Kawakan: Mieke Wijaya, Bu Broto Era Jadul yang Masih Bugar di Usia 81 Tahun

Artis kawakan Mieke Wijaya yang dikenal sebagai Bu Broto dalam serial Losmen era 1980-an, sempat tampil di puluhan film nasional dan bermain di banyak sinetron.

Liputan6.com, Jakarta - Kehebohan film Losmen Bu Broto yang dibintangi Maudy Koesnaedy dan tengah tayang di bioskop, tak lepas dari sosok aktris kawakan Mieke Wijaya. Pada era 1980-an, Mieke sukses memerankan Bu Broto di serial televisi Losmen yang merupakan materi asli film tersebut.

Jauh sebelum dikenal sebagai Bu Broto, Mieke Wijaya sempat tampil di puluhan film nasional. Beberapa di antaranya cukup terkenal, salah satunya adalah Tiga Dara yang tayang pada 1956 silam.

Ibu dari sineas Nia Zulkarnaen ini juga sempat beberapa kali aktif di dunia sinetron pada era 1990-an. Bahkan, istri mendiang Dicky Zulkarnaen ini dua kali mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award atas dedikasinya di dunia akting.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Mengenal Lebih Dalam

Di era sekarang, barangkali nama Mieke Wijaya sudah mulai jarang dibahas. Meskipun kariernya tergolong lancar dan jarang diterpa kasus maupun gosip, perjalanan aktris kawakan kelahiran Bandung, Jawa Barat ini patut untuk kita selami lebih dalam.

Melansir dari berbagai sumber, mari kita ikuti perjalanan kehidupan dan karier seorang Mieke Wijaya.

 

3 dari 10 halaman

Menjadi Aktris Sejak Belia

Di dunia hiburan, Mieke Wijaya sudah mengenal akting sejak usianya masih 15 tahun. Diketahui, film pertama wanita yang lahir pada 17 Maret 1940 ini berjudul Gagal, yang rilis pada tahun 1955 silam.

Setelah itu, Mieke Wijaya seolah tak pernah absen berakting hingga enam dekade. Pada dekade 1960-an hingga 1980-an, ada saja belasan hingga puluhan film yang dimainkannya.

 

4 dari 10 halaman

Kesuksesan Tiga Dara

Pada tahun 1956, nama Mieke melambung bersama Chitra Dewi dan Indriati Iskak. Mieke menjadi satu dari tiga tokoh utama di film Tiga Dara garapan sutradara Usmar Ismail.

Tak disangka, film yang dimainkan Mieke saat masih remaja itu ditayangkan di Festival Film Venesia 1959. Setahun setelahnya, Tiga Dara mendapatkan penghargaan Tata Musik Terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia 1960.

 

5 dari 10 halaman

Akting Bersama Suami

Mieke Wijaya menikah dengan aktor Dicky Zulkarnaen pada 1965. Salah satu anak mereka adalah Nia Zulkarnaen yang juga terjun di dunia akting dan film. Tak hanya berstatus suami istri, keduanya beberapa kali pernah bermain bersama dalam sebuah film.

Sebut saja Gadis Kerudung Putih (1967), Big Village (1969), Dimana Kau Ibu (1973), Gadis Hitam Putih (1985), dan Zig Zag (1991). Keduanya juga beberapa kali sama-sama menjadi bintang utama, salah satunya dalam Gadis Kerudung Putih.

Setelah ditinggal oleh Dicky Zulkarnaen untuk selamanya pada 1995, Mieke hingga kini masih terus menjaga rasa cintanya terhadap sang suami dengan sering berkunjung ke makam almarhum. Hal itu juga bisa dilihat melalui unggahannya di akun Instagram @miekewijaya.z.

 

6 dari 10 halaman

Layar Kaca

Era 1980-an, Mieke Wijaya tak hanya sibuk bermain film. Ibu empat anak ini juga tampil di sejumlah acara televisi. Salah satunya adalah serial Losmen yang mengudara di TVRI.

Pada era 1990-an, Mieke Wijaya tak banyak bermain film. Namun ia beberapa kali tampil di layar kaca melalui sejumlah sinetron. Beberapa di antaranya adalah Buku Harian, Saat Aku Mencintaimu, Kado Istimewa, dan Aku Ingin Pulang.

Kiprah Mieke Wijaya di dunia sinetron terus berlanjut hingga tahun 2000-an dan 2010-an.

7 dari 10 halaman

Perankan Bu Broto

Keterlibatan Mieke Wijaya dalam serial televisi Losmen yang mengudara di TVRI sejak tahun 1986 hingga 1989, membuat namanya melambung.

Meskipun hanya berjumlah 35 episode, namun penampilan Mieke bersama para aktor-aktris lainnya mendapat apresiasi tinggi dari para pemirsanya kala itu.

Terlebih lagi, di serial inilah Mieke Wijaya menunjukkan kualitas aktingnya sebagai karakter utama bernama Bu Broto yang terbilang ikonis.

 

8 dari 10 halaman

Prestasi

Dedikasi Mieke Wijaya yang sangat tinggi terhadap dunia akting, membuatnya sukses meraih penghargaan Lifetime Achievement Award di Festival Film Bandung 2011 dan Indonesian Movie Actors Awards 2015.

Selain itu, Mieke juga tiga kali memenangkan penghargaan Festival Film Indonesia. Pada 1967 ia ditunjuk sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam film Gadis Kerudung Putih.

Lalu pada 1975, aktingnya di Ranjang Pengantin membuatnya menang kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. Pada 1981, ia kembali memenangkan piala kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik untuk film Kembang Semusim.

 

9 dari 10 halaman

Masih Sehat dan Bugar

Bila kita menelusuri akun Instagram @miekewijaya.z, terlihat dalam unggahan empat tahun lalu, wanita yang kini berusia 81 tahun ini masih terlihat sehat dan bugar. Bahkan, pada 2019 lalu, ia sempat tampil dalam sinetron Supir dan Majikan serta Aca Aca Nehi Nehi.

Pada Lebaran yang jatuh di bulan Mei lalu, Nia Zulkarnaen melalui akun Instagram @alenia259 memperlihatkan kebersamaannya dengan sang ibunda. Terlihat wajah artis kawakan masih terlihat segar meskipun sudah terbawa usia.

"Alhamdulillah.. Bahagianyaaa..Allah masih berikan kebahagiaan, kesehatan & kesempatan untuk bisa merayakan Idul Fitri bersama Mama tercinta.. ❤️❤️. Semoga Allah berikan kesehatan & umur panjang ya Ma..," tulis Nia Zulkarnaen dalam keterangan fotonya.

"Barakallahu.. 🙏🤗😘😘❤️ Happyyyy deh bisa kembaran sama Mama.. 😉😍❤️," sambung Nia.

 

10 dari 10 halaman

Dedikasi yang Patut Diapresiasi

Melihat dedikasi Mieke Wijaya di dunia akting dan banyaknya film serta serial yang ia mainkan, maka pantaslah bila aktris kawakan satu ini suatu hari nanti disebut sebagai salah satu bintang film legendaris Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.