Sukses

Raisa dan Penyanyi OST Drama Korea Sam Kim Berduet, Hasilnya Single Someday

Kolaborasi Raisa kali ini sangat menarik karena Sam Kim dikenal sebagai musisi muda yang lagunya sering dipakai untuk drama Korea yang sedang hit.

Liputan6.com, Jakarta Raisa merilis single "Someday" pada Jumat (12/11/2021) kemarin yang menjadi rangkaian single menuju album keempatnya, It’s Personal. Menariknya, di lagu ini Raisa berduet dengan musikus asal Korea Selatan, Sam Kim, serta musikus dan penata musik Jukjae.

Kolaborasi Raisa kali ini sangat menarik lantaran Sam Kim dikenal sebagai musikus muda yang lagunya sering digunakan untuk Korean Drama (K-Drama) alias Drakor yang sedang hit. Misalnya saja lagu "Who Are You" untuk serial Guardian: The Lonely and Great God dan "Love Me Like That" untuk serial Nevertheless.

Awal mulanya Raisa sangat ingin memiliki kolaborator lintas negara Asia. Dimulai dari Instagram, Raisa dan Sam Kim kemudian saling bertukar referensi musik. Hingga akhirnya, keduanya mantap untuk melakukan workshop daring. Sampati tiba waktunya sebuah lagu dikerjakan pada awal 2021.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hasil yang Memuaskan

Lantaran terpisah jarak antara Jakarta dan Seoul serta kondisi pandemi dan kesibukan masing-masing, proses penggarapan baru dilakukan secara intens pada pertengahan tahun ini.

“Saya dan Raisa rutin komunikasi lewat teleponan, chat, atau video call, saat merencanakan lagu. Rekaman dilakukan secara real-time,” ungkap Sam Kim dalam keterangannya kepada wartawan, baru-baru ini.

"Walaupun kami berbeda lokasi, tapi kami bisa diskusi dan merekam langsung. Hasilnya sangat memuaskan dan saya ingin berterima kasih ke Raisa atas suara indahnya di lagu ini," sambung penyanyi kelahiran 19 Februari 1998 itu.

 

3 dari 5 halaman

Ungkapan Gembira Raisa

Raisa pun tak kalah puasnya dengan hasil rekaman mereka berdua. Istri Hamish Daud ini juga mengaku sempat tak menyangka Sam Kim bersedia untuk berkolaborasi dengannya.

“Bekerja bersama Sam Kim sangat menyenangkan. Enggak menyangka obrolan casual kami berujung menjadi kolaborasi. Kami memiliki visi yang sama. Semoga lagu ini bisa mengantarkan kami berdua bertemu para pendengar baru di Indonesia dan Korea,” Raisa menyampaikan dalam kesempatan yang sama.

4 dari 5 halaman

Makna Lagu

Lagu "Someday" mengisahkan tentang pasangan yang memiliki ego tinggi, sehingga keduanya tidak dapat menyampaikan isi hati masing-masing secara baik. Untuk lagunya, Jukjae sebagai produsernya menarik beberapa referensi slow R&B.

Mood lagu yang manis namun juga mellow ini memiliki nuansa soundtrack drama Korea. Jukjae adalah sosok yang ikut membantu Sam Kim di album Sun and Moon (2018).

“Berangkat dari ide Raisa, kami yang memulai komunikasi project dengan Antena sebagai label dan agency Sam Kim. Ini bukan kali pertama JUNI bekerjasama dengan agency Korea Selatan,” Adryanto Pratono selaku CEO dari JUNI Records turut menyampaikan.

"Sebelumnya JUNI menjadi inisiator membawa band Hyukoh konser di Jakarta. Melanjutkan kiprah tersebut, kali ini kami memimpin project lintas negara dengan mengajak Sam Kim," lanjutnya.

 

5 dari 5 halaman

Terobosan Tahun Ini

Lagu "Someday" bisa dibilang telah menjadi terobosan untuk JUNI dan Raisa sepanjanga tahun ini. Mereka melihat lagu ini sebagai jembatan untuk menghubungkan para penggemar Raisa dengan fans soundtrack serial Korea Sam Kim.

“Ini kesempatan kami di JUNI bekerjasama dengan musisi generasi Korean Wave masa kini. Saya, Raisa, dan kami di JUNI berharap ini adalah awalan untuk kolaborasi lain di kemudian hari. Kami selalu memimpikan bekerjasama dengan lebih banyak kolaborator dari industri dunia,” Adryanto Pratono memungkasi.

Lagu Someday sudah tersedia di platform streaming digital mulai Jumat (12/11/2021). Perilisannya diikuti oleh video musik yang dibuat di dua negara dan tayang perdana di kanal YouTube Raisa (Raisa6690) di hari yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.