Sukses

Apa Itu Animasi? Pahami Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua orang di dunia pernah menonton kartun di masa kecilnya, namun pernahkah Anda ingin tahu bagaimana proses pembuatannya hingga menjadi film kartun? Jika pernah, berikut penjelasan nya.

Di industri media, cara pembuatan kartun tergantung pada jenis animasi yang dipilih oleh studio/sutradara. Lantas, apa itu animasi?

Dilansir Audio Network, Selasa (26/10/2021), Menurut Cambridge Dictionary, definisi animasi adalah gambar bergerak yang dibuat dari gambar, model, dan lain-lain yang difoto atau dibuat oleh komputer. Simulasi gerakan yang dibuat dengan rangkaian gambar itu disebut dengan animasi, namun cara kerjanya sebenarnya sedikit lebih rumit.

Awalnya kartun dibuat dengan jenis 2 Dimensi, namun kini sebagian besar kartun dibuat dengan citra yang dihasilkan komputer atau CGI. Selain 2D, masih banyak jenis-jenis animasi lainnya, simak 5 jenis animasi berikut ini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Animasi

1. Animasi 3D

Animasi 3D menggunakan citra yang dihasilkan komputer (CGI) untuk mengembangkan dunia dan karakter yang sangat detail. Perusahaan produksi film yang menggunakan teknologi animasi 3D ini adalah PIXAR. Contoh software yang digunakan untuk membuat animasi 3D diantaranya, Autodesk Maya, Houdini dan Cinema 4D.

2. Animasi 2D

Animasi D yang juga dikenal sebagai animasi gambar tangan adalah metode animasi asli, oleh karena itu metode ini masuk ke animator pada abad ke-20. Animasi 2D melibatkan setiap bingkai yang digambar dengan tangan pada lembaran transparan yang digambar langsung oleh animator.

Perusahaan produksi film yang pernah menggunakan teknologi animasi 2D ini adalah Walt Disney, dalam film-film seperti seperti Snow White, Bambi dan Pinokio. Contoh software yang digunakan untuk membuat animasi 2D diantaranya, Adobe Animate, Pencil 2D animation dan Krita.

3. Stop Motion

Animasi stop motion melibatkan gerakan fisik objek yang dianimasikan dengan difoto satu frame pada satu waktu. Film-film karya animator Nick Park, seperti Wallace dan Gromit, Chicken Run, Shaun the Sheep, dan Early Man ini menggunakan stop motion dalam pembuatannya.Contoh software yang digunakan untuk membuat animasi stop motion diantaranya, Dragon Frame, Stop Motion studio dan Filmora.

4. Motion Graphics

Animasi motion graphics pada dasarnya adalah desain grafis animasi, yang menghidupkan teks dan gambar yang seharusnya statis. Jenis animasi ini sering digunakan untuk judul dalam beberapa film yang dibuat oleh Marvel.

Gerakan yang digunakan biasa untuk mengubah urutan judul untuk setiap entri di MCU (Marvel Cinematic Universe). Contoh software yang digunakan untuk membuat animasi motion graphics diantaranya, Adobe After Effects, Fusion dan Cinema 4D.

5. Vektor

Animasi vektor pada dasarnya adalah versi modern dari animasi 2D. Ini adalah metode yang berfokus pada grafik 2D, dan populer digunakan di acara TV kartun anak-anak. Beberapa film yang dibuat menggunakan animasi Vector 2D adalah Phineas and Ferb dan Rick and Morty.

Diperkirakan bahwa meningkatnya animasi vektor dalam beberapa tahun ke depan dikarenakan penonton bernostalgia dengan jenis film dan kartun yang biasa mereka tonton saat masih kecil. Contoh software yang digunakan untuk membuat animasi vektor diantaranya, Adobe After Effects, Adobe Ilustrator dan Harmoni Toon Boom.

Penulis: Vania Dinda Marella

3 dari 3 halaman

Infografis Perfilman Indonesia