Sukses

Sempat Tak Sadarkan Diri, Ternyata Dorce Gamalama Alami Penyumbatan di Otak Kiri

Liputan6.com, Jakarta - Dorce Gamalama sempat mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Primaya, Bekasi, Jawa Barat, karena tak sadarkan diri. Awalnya keluarga menduga hal itu terjadi karena penyakit diabetes yang selama ini diidapnya.

Maklum sebelum tak sadarkan diri, Dorce Gamalama baru saja pulang menjalani perawatan di rumah sakit akibat penyakit tersebut.

Namun setelah diperiksa secara medis, ternyata pemilk nama lahir Dedi Yuliardi Ashadi alami penyumbatan di otaknya.

"(kemarin) kena serangan penyumbatan darah di otak sebelah kiri," kata Hetty Sendjaya, sahabat Dorce Gamalama melalui sambungan telpon, Selasa (19/10/2021).

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kurang Oksigen

Hetty menjelaskan, karena penyumbatan tersebut oksigen yang masuk ke otak sedikit dan membuat Dorce Gamalama tak sadarkan diri. Itu juga yang membuat gula darah dalam tubuhnya ikut bermasalah.

"Jadi oksigennya juga kurang lancar naik ke otaknya, lambat makanya akhirnya drop. Gula darahnya yang tadinya 400 sekarang 38 waktu masuk rumah sakit itu," ujar Hetty.

3 dari 4 halaman

Gula Darah Normal

Saat ini gula darah Dorce Gamalama sudah kembali normal seperti sedia kala. Kendati demikian, kondisi Dorce masih belum fit 100 persen.

"Cuman kan kalau fisik sekarang ini kan memang jalannya masih dipapah karena kan merasa lemas ngantuk melulu. Jadi sementara ini tiduran di kamar. Kalau mau makan turun duduk di meja makan ya gitu aja rutinitasnya sehari-hari," jelas Hetty.

4 dari 4 halaman

Rawat Jalan

Meski sudah diperbolehkan pulang ke rumah, namun Dorce harus tetap mejalani kontrol rutin ke rumah sakit untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.

"Tetap dalam kontrol obat, masih rawat jalan terus kontrol lagi besok tanggal 21 Oktober ke dokternya langsung," kata Hetty.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS