Sukses

6 Fakta Film Sinkhole, Merajai Box Office Korea dengan Pendapatan Kotor Rp 260 Miliar Lebih

Liputan6.com, Jakarta Menurunnya level PPKM di banyak daerah di Indonesia membuat jaringan bioskop kembali menggeliat. Sejumlah film impor anyar menyapa pencinta sinema Tanah Air, termasuk Sinkhole.

Karya sineas Kim Ji Hoon ini memasang Cha Seung Won, Kim Sung Kyun, dan Lee Kwang Soo sebagai pemeran utama. Di Indonesia, Sinkhole didatangkan CBI Pictures dan Falcon Pictures.

Laporan khas Showbiz Liputan6.com merangkum 6 fakta dari balik layar film Korea Sinkhole, yang tayang di jaringan bioskop Indonesia mulai Rabu, 30 September 2021. Selamat menyimak dan selamat menonton.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. 11 Tahun Bekerja, Beli Rumah

 

Sinkhole yang bergenre drama komedi punya alur menggelitik, tentang Park Dong-won (Kim Sung-kyun) yang akhirnya berhasil beli rumah setelah 11 tahun bekerja. Ia memboyong keluarga ke rumah baru lalu menggelar pesta dengan mengundang sejumlah sahabat.

Hujan deras semalaman menciptakan lubang pembuangan yang sangat besar. Dalam semenit, lubang itu menelan rumah. Park dan tetangganya Jeong Man-soo (Cha Seung-won) berikut para tamu pesta yang terjebak mesti memutar otak agar lolos dari petaka.

 

3 dari 7 halaman

2. Syuting Sebelum Pandemi

 

Syuting Sinkhole dihelat sebelum pandemi Covid-19 menjadi isu kesehatan global. Pada 14 Agustus 2019, para pemain mendalami skenario. Syuting dimulai 27 Agustus 2019 di Chuncheon dan Bomnae Film Studio.

Semula, Sinkhole akan dirilis pada 2020. Lalu, wabah virus Corona melanda dunia. Jadwal rilis Sinkhole diundur ke 11 Agustus 2021 setelah mampir ke Festival Film Locarno ke-74 lima hari sebelumnya.

 

4 dari 7 halaman

3. Meloncong ke Sejumlah Festival

Selain menggebrak Festival Film Locarno, Sinkhole terpilih sebagai film penutup Festival Film Asia New York ke-20. Ia juga melawat Festival Film Sarajevo ke-27 yang diadakan mulai 13 hingga 20 Agustus 2021.

Yang tak kalah membanggakan, Sinkhole mengisi sesi “Korean Cinema Today - Panorama Section” di Festival Film Internasional Busan ke-26. Tak heran jika Sinkhole sangat dinanti banyak pencinta film.

 

5 dari 7 halaman

4. Tercepat Tembus Sejuta Penonton

Pandemi Covid-19 nyatanya tak melunturkan pamor Sinkhole di mata para pencinta film. Melansir dari Naver, Sinkhole hanya butuh 6 hari untuk merangkul sejuta penonton.

Ia jadi film Korea tercepat tahun 2021 yang melampaui sejuta penonton mematahkan rekor Escape from Mogadishu. Hari ke-21 penayangan di bioskop, Sinkhole telah ditonton 2 juta orang lebih.

 

6 dari 7 halaman

5. Merajai Box Office Korea

 

Melansir dari KoreanFilm, Sinkhole menguasai 1.603 layar saat dirilis pada 11 Agustus 2021. Dewan Film Korea menyebut Sinkhole memuncaki tangga box office Korea pada hari pertama penayangan.

Performa Sinkhole pada hari pertama penayangan melibas Escape from Mogadishu dengan 154.665 penonton. Hari kedua, ia masih perkasa dengan total penonton 274.794 dan hari keempat menjadi 501.233 penonton.

 

7 dari 7 halaman

6. Terlaris Kedua Tahun Ini

Menurut catatan Dewan Film Korea, dari semua yang tayang di bioskop Korea sepanjang tahun ini, Sinkhole menempati urutan kelima dalam daftar film terlaris di Negeri Ginseng.

Selain itu, Sinkhole menjadi film Korea terlaris kedua pada 2021. Saat artikel ini disusun, pendapatan kotornya mencapai 18,18 juta dolar AS atau 260 miliar rupiah lebih.