Sukses

Kakek Gugun Gondrong Rupanya Tokoh Pengibar Bendera Merah Putih saat Proklamasi

Gugun Gondrong rupanya adalah cucu dari tokoh pengibar bendera merah putih saat proklamasi pertama bernama Abdul Latief Hendradningrat.

Liputan6.com, Jakarta - Gugun Gondrong yang selama ini dikenal sebagai presenter sekaligus aktor, ternyata adalah cucu dari tokoh pengibar bendera merah putih saat proklamasi pertama bernama Abdul Latief Hendradningrat.

Fakta bahwa pemilik nama Muhammad Gunawan Hendromartono itu punya kakek seorang tokoh proklamasi diungkap pada saat Rico Ceper sedang bertamu ke rumah Gugun Gondrong.

"Mas Gugun ini merupakan cucu dari salah satu tokoh yang mengibarkan bendera sang saka merah putih, Abdul Latief Hendradningrat. Itu merupakan kakek mas Gugun, pengibar bendera pusaka," ucap Rico Ceper di kanal YouTube miliknya, beberapa waktu lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengibar Bendera Bersama Bung Karno

Gugun Gondrong pun membenarkan pernyataan Rico Ceper. Namun, ibunda Gugun Gondrong yang ada di situ menambahkan bahwa kakek Gugun adalah pengibar bendera pusaka lantaran benar-benar mengibarkan bendera saat hari proklamasi oleh Ir. Soekarno.

3 dari 5 halaman

Bendera Pusaka

"Kalau saya boleh lebih jelas lagi, ada pusakanya, karena itu adalah pertama kali. Kalau pengibar bendera kan banyak, nah ini bendera pusaka. Jadi proklamasi pertama kali Indonesia merdeka kan," ucap Tuning, ibunda Gugun Gondrong.

4 dari 5 halaman

Mendampingi Bung Karno

Lebih lanjut, ibunda Gugun Gondrong juga menegaskan bahwa sang kakek juga turut mendampingi Presiden Soekarno pada saat hari pembacaan teks proklamasi untuk pertama kalinya.

"Mendampingi Bung Karno waktu pembacaan teks proklamasi," ucap ibunda Gugun Gondrong sembari menunjukan sebuah foto berejarah.

 

5 dari 5 halaman

Pengagum Bung Karno

Selain itu, Gugun Gondrong juga membenarkan bahwa ia adalah sosok yang sangat mengagumi Bung Karno.

"Mas Gugun, ini kenapa juga dia sangat Soekarnois, pecinta Bung Karno," ucap Rico Ceper yang dibenarkan Gugun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.