Sukses

Potret Kemeriahan Konser Kolaborasi Nusantara di Panggung Rumah Digital Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Sederet artis Tanah Air meramaikan konser musik bertajuk Kolaborasi Nusantara di Rumah Digital Indonesia pada Minggu (1/8). Mereka adalah Nadin Amizah, Teddy Adhitya, Sivia, Idgitaf, Adrian Khalif, dan Bilal Indrajaya.

Dibalut busana dengan ciri khas budaya Indonesia, para bintang tamu tampil apik menyanyikan lagu-lagu daerah, seperti Meyong-meyong, Kicir-kicir, Manuk Dadali, dan Jali-jali.

 

2 dari 3 halaman

Konser Musik Kolaborasi Nusantara

Konser musik bertajuk Kolaborasi Nusantara merupakan rangkaian acara pembukaan Rumah Digital Indonesia yang resmi diluncurkan pemerintah dalam rangka merayakan HUT ke-76 Republik Indonesia. RDI yang bisa diakses di www.rumahdigitalindonesia.id dibuka dengan sambutan dari Presiden Joko Widodo.

3 dari 3 halaman

Sambutan Presiden Joko Widodo

Presiden Jokowi mengatakan, RDI merupakan wadah untuk menyemarakkan kemerdekaan  di tengah pandemi Covid-19. Masyarakat bisa menikmati berbagai suguhan menarik, ikut berpartisipasi aktif, hingga bergotong royong membantu sesama lewat RDI.

"Ini adalah sebuah ruang digital sebagai wadah partisipasi dan kebersamaan dalam merayakan  bulan kemerdekaan," kata Presiden Jokowi.

Setelah itu, acara pembuka dilanjutkan dengan talkshow "Bincang Bangsa" bertajuk "Membuka Pintu Inklusivitas lewat Kolaborasi" di Panggung Nasional RDI.

Talkshow yang dipandu langsung oleh Staf Khusus Presiden Putri Tanjung ini menghadirkan konten kreator Jovial & Andovi da Lopez, model Monalisa Sembor, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Mereka membahas banyak hal terkait inklusivitas dan kolaborasi yang ternyata bisa menyulut kreativitas. Model Monalisa Sembor berujar, edukasi inklusivitas dengan membuka diri perlu diajarkan sejak kecil. Dengan membuka diri, setiap orang dapat bertukar ide, berkolaborasi, dan menciptakan kreativitas.

"Edukasi inklusivitas perlu ditanamkan sejak dini sehingga ke depan anak-anak mempunyai ruang, kenalan, teman, dan lain sebagainya untuk menukar informasi. Ketika segala sesuatunya sudah ada, informasi sudah ada, kreativitas itu akan muncul dengan sendirinya," ujar Monalisa.

Tidak hanya rangkaian pembukaan RDI, tapi panggung nasional RDI juga menampilkan berbagai acara kenegaraan lain dalam menyambut bulan kemerdekaan seperti acara Zikir dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka yang digelar senin (1/08/2021) malam.

 

(*)