Sukses

Kevin Spacey Ultah ke-62, Ini 6 Film Terbaik Sang Peraih 2 Piala Oscar Aktor Utama dan Pendukung Terbaik

Aktor peraih dua Piala Oscar, Kevin Spacey, berulang tahun ke-62, pada Senin (26/7/2021). Ayo tonton lagi enam film terbaiknya.

Liputan6.com, Jakarta Kevin Spacey salah satu aktor dengan pencapaian sempurna di Hollywood lantaran meraih dua Piala Oscar di dua kategori akting, yakni Pemeran Utama dan Pendukung Pria Terbaik.

Debut pada 1986 lewat Heartburn, Kevin Spacey telah membintangi lebih dari 80 film, FTV, dan serial. Sayang, empat tahun terakhir kariernya ternoda oleh skandal pelecehan seksual.

Ini mencuat tak lama setelah bintang serial House of Cards itu mengaku penyuka sesama jenis. Terlepas dari kasus yang membelitnya, Kevin Spacey yang berulang tahun ke-62 pada 25 Juli 2021 adalah aktor besar. Berikut enam film terbaiknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Se7en (1995)

Membahas Se7en, ingatan kita selalu tertuju pada Morgan Freeman dan Brad Pitt. Jangan lupa, ada Kevin Spacey di sana yang juga tampil gemilang. James Charisma yang menulis untuk Paste menyebut akting Spacey menyeimbangkan konflik yang bergulir dalam film.

Karakter John Doe (yang diperankan Kevin) tidak emosional namun sombong. Analitis, kejam, sabar, sekaligus tak tertembus,” ulasnya. Harus diakui, Kevin turut mengantar film berbiaya produksi 33 juta ini membawa pulang laba kotor 327 juta dolar AS. Sukses!

3 dari 7 halaman

2. The Usual Suspect (1995)

Film ini fenomena unik dalam sejarah sinema. Mendapat ulasan beragam, bahkan cenderung negatif oleh pemerhati film. Kritikus legendaris Roger Ebert bahkan hanya memberi 1,5 dari 4 bintang seraya menyebut The Usual Suspect salah satu film paling dibenci.

Siapa sangka, dalam putaran Oscars 1996, film ini menang 2 Piala Oscar kategori Naskah Asli dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik buat Kevin Spacey. Tokoh Roger Kint di tangan Kevin menjadi salah satu karakter paling dikenang hingga kini meski gagal di Golden Globes dan SAG Awards.

 

4 dari 7 halaman

3. A Time To Kill (1996)

Merajai tangga box office selama dua minggu, salah satu daya tarik A Time To Kill yakni kombinasi empat bintang papan atas, yakni Sandra Bullock, Samuel L. Jackson, Matthew McConaughey, dan Kevin Spacey yang memerankan Rufus Bucley.

Bisa jadi, ini salah satu film Kevin Spacey paling kontroversial. Terlepas dari pujian kritikus, Amnesty International Prancis menyebut A Time To Kill film yang mengganggu. Surat kabar Liberation bahkan menilai naskah film ini “sangat kotor.”

5 dari 7 halaman

4. L.A. Confidential (1997)

Tak seperti A Time To Kill, L.A. Confidential salah satu film terbaik di eranya. Mayoritas kritikus memberi 4 dari 4 bintang. Memborong sembilan nominasi Oscar, L.A. Confidential menang kategori Naskah Adaptasi dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Kim Bassinger).

Kevin Spacey yang memerankan Jack Vincennes beroleh nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik di BAFTA. Seorang kritikus menyebut akting Kevin di L.A. Confidential sebagai yang terbaik dalam sindiran. Kinerjanya melampaui harapan terhadap aktor pada umumnya.

6 dari 7 halaman

5. The Negotiator (1998)

Kevin Spacey dan Samuel L. Jackson aktor terbaik yang mewakili sebuah generasi. Pertemuan mereka di film karya sineas F. Gary Gray ini disebut para kritikus sebagai langkah cerdas sekaligus elemen terbaik di sini.

Kevin Spacey memerankan Letnan Chris Sabian, negosiator kondang yang dipercaya Letnan Danny Roman. Chemistry kedua aktor ini sangat solid kala menghidupkan alur berlapis The Negotiator yang kelewat padat.

7 dari 7 halaman

6. American Beauty (1999)

Mahakarya Sam Mendes ini meraih lima Piala Oscar kategori Film, Naskah Asli, Sinematografi, Sutradara, dan Pemeran Utama Pria Terbaik untuk Kevin Spacey. Sempurna sudah karier sang aktor lewat film ini. American Beauty adalah potret buram keluarga Amerika.

Kevin Spacey memerankan Lester Burnham petinggi sebuah majalah yang merasa tak bahagia menikah dengan Carolyn (Anette Bening), broker real estate ambisius. Kevin meraih Piala Oscar kedua bermodal kemenangan di BAFTA dan SAG Awards.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.