Sukses

Ustaz Yusuf Mansur Jalani Endoskopi dan Kolonoskopi untuk Lacak Penyebab Hemoglobin Anjlok

Liputan6.com, Jakarta Dilarikan ke RSPAD Gatot Subroto Jakarta, 21 Juli 2021, akibat kadar hemoglobin anjlok, kondisi Yusuf Mansur kini membaik. Keesokan harinya, hemoglobin ayah Wirda Mansur melesat.

“Yang pertama 5,1 (transfusi) pertama kok naiknya enggak banyak. Cuma 5,8 jadinya. Nah, transfusi lagi jadi 10,3 atau 10,4. Melesatnya jauh karena targetnya sekantong paling naiknya 1,5,” kata ustaz Yusuf Mansur.

Ini disampaikannya via video yang diunggah sang istri, Siti Maemunah, di Instagram, Kamis (22/7/2021). Kadar hemoglobin melesat tak membuat Yusuf Mansur 100 persen lega. Ia mesti menjalani endoskopi dan kolonoskopi.

2 dari 5 halaman

Dokumentasi Transfusi Darah

Video berikutnya yang diunggah Siti Maemunah menampilkan Yusuf Mansur terbaring di ranjang rumah sakit untuk menjalani transfusi darah hari pertama. Kondisinya belum sebaik sekarang.

“Ini Papa lagi tranfusi darah yang pertama, hari ini dua kantong, doain biar lancar. Anak-anak tadi habis pada ikut khataman,” ujar Siti. Yusuf Mansur yang pura-pura tidur lalu mengagetkan istrinya.

3 dari 5 halaman

Yusuf Mansur Nangis

Yang menarik, usai mengagetkan istri, sang ustaz menangis. “Habis ngagetin nangis. Yang dikagetin kaget, eh yang ngagetin nangis ha ha ha. Tangannya sudah pada biru,” Siti menyambung.

Kamera lantas memperlihatkan siku dalam Yusuf Mansur yang membiru akibat berkali-kali ditusuk jarum suntik untuk transfusi darah. Yusuf Mansur menangis karena kangen makanan enak.

4 dari 5 halaman

Bakso Malang dan Satai

“Papa nangis karena lapar. Pengin bakso Malang sama satai,” keluh Yusuf Mansur. “Jadi nangisnya karena lapar, to? Kirain karena terharu didoain sama anak-anak,” seloroh Siti.

Menyertai video ini, Siti Maemunah memohon masyarakat Indonesia terus mendoakan Yusuf Mansur. Pasalnya, masih ada sejumlah pemeriksaan medis yang mesti dijalani suaminya. 

5 dari 5 halaman

Endoskopi dan Kolonskopi

Titip terus doanya dari semua ya. Insyaallah senin mau Endoskopi dan kolonskopi untuk mengetahui penyebabnya kenapa HBnya bisa rendah. Oh ya ini video kemarin saat masih lemes dan HB masih 5,8. Alhamdulillah hari ini sudah bisa lepas infusan dan sudah lebih segar,” tulis Siti.

Sebagai informasi, kolonoskopi adalah pemeriksaan untuk melihat bagian dalam usus besar menggunakan kamera kecil yang dimasukkan lewat anus untuk memperoleh gambaran kondisi di dalam usus besar.

Sedangkan, endoskopi adalah pemeriksaan dengan menggunakan endoskop. Endoskop merupakan teropong untuk memeriksa rongga dalam pembuluh, saluran, dan liang yang sempit-sempit di beberapa bagian tubuh.