Sukses

6 Drama Korea yang Bikin Milenial Jadi Melek Finansial

Liputan6.com, Jakarta Drama korea atau drakor saat ini telah menjadi salah satu hiburan dengan banyak penggemar. Dari anak remaja atau abg, milenial, pegawai kantoran, hingga ibu-ibu rumah tangga selalu setia menyaksikan episode demi episode dari drakor.

Hal itu mungkin tak berlebihan, karena drakor tidak hanya menampilkan cerita yang menarik dan seru, aktor dan aktris yang good looking, tetapi juga menyelipkan banyak pesan moral yang bisa diambil penonton. Dari kisah cinta, persahabatan, kehidupan rumah tangga dan karir, termasuk juga mengenai pengelolaan finansial.

Melek finansial jadi hal penting untuk dimiliki setiap orang yang ingin sukses dan berhasil dalam hidupnya. Kira-kira, sudah tahu belum drama korea apa saja yang menyelipkan pesan moral terkait pentingnya pengelolaan finansial?

1. Misaeng: Incomplete Life (2014) - Seluk Beluk Perusahaan Finansial

Serial drama korea yang tayang tahun 2014 ini merupakan adaptasi dari serial webtoon dengan judul yang sama. Bercerita tentang Jang Geu Rae (Siwan) seorang pria yang gagal menjadi pemain baduk profesional (sejenis permainan catur) dan malah berakhir di sebuah perusahaan finansial yang mana ia tidak memiliki kemampuan di bidang tersebut.

Terdiri dari 20 episode, penonton diajak untuk menyelami kehidupan Jang Geu Rae, Ahn Young-yi (Kang Sora), Jang Baek-gi) kang Ha-neul dan rekan-rekannya. Banyak ilmu tentang bisnis, keuangan dan hal-hal lain yang seputar dunia kerja yang bisa dipetik penonton.

2 dari 6 halaman

2. Because This Is My First Life (2017) - Siasati Biaya Rumah dan Pernikahan

Serial drama korea Because This Is My First Life yang tayang 2017 ini menyoroti masalah yang kerap dihadapi orang-orang pada usia 30an ke atas. Mulai dari urusan keluarga, pekerjaan, jodoh hingga finansial.

Yoon Ji Ho (Jung So Min) seorang asisten penulis naskah drama tidak memiliki cukup uang untuk menyewa kamar atau apartemen. Beruntung ia tanpa sengaja dikenalkan dengan Nam Se Hee (Lee Min Ki) yang tengah membutuhkan teman sekamar untuk bisa menambah pemasukan bulanan.

Meskipun telah memiliki pekerjaan mapan dan apartemen sendiri, Se Hee masih memiliki cicilan yang harus dia bayarkan setiap bulannya. Kehidupan mereka pun berlanjut ke pernikahan kontrak, yang mana mereka juga harus memutar otak untuk bisa menyiasati biaya pernikahan yang mahal. Masih banyak urusan finansial yang bisa kamu petik dari serial drama ini.

3 dari 6 halaman

3. Strongest Deliveryman (2017) - Menabung untuk Bangun Bisnis

Serial drama korea Strongest Deliveryman yang dibintangi Ko Gyung-Pyo ini menceritakan kehidupan Choi Kang Soo, seorang pengantar makanan yang akhirnya sukses menjadi CEO sebuah perusahaan aplikasi pengiriman.

Dalam perjalanan, banyak rintangan yang harus dihadapi Choi Kang Soo, termasuk persaingan bisnis makanan dan layanan pengantaran. Bersama Lee Dan Ah (Diperankan Chae Soo-Bin), kedua saling bekerja sama dan terus  berjuang untuk menggapai impian. Dari hidup sederhana dan fokus mencari uang, akhirnya Kang Soo berhasil memiliki banyak uang sebagai modal untuk menjalankan bisnis sendiri. 

Drama ini juga dibintangi oleh Kim Seon Ho yang menjadi Oh Jin Gyu, orang kaya yang menjadi pesaing Choi Kang Soo.

4 dari 6 halaman

4. When the Camellia Blooms (2019) - Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa

Serial drama korea When the Camellia Blooms ini berhasil mendapatkan banyak penghargaan, termasuk Baeksang Awards. Drama menghadirkan Gong Hyo Jin (Oh Dong-baek) dan Kang Ha Neul (Hwang Yong-sik) sebagai pemeran utamanya. Jalan ceritanya yang related dengan kehidupan sehari-hari plus akting yang menjiwai dari para pemerannya membuat drama ini populer.

Di balik kombinasi romansa, komedi, dan kriminal, ada pesan keluarga menarik yang disampaikan dalam film ini. Salah satunya adalah saat Jung-sook, ibu Dong-baek, tiba-tiba muncul di hadapan Dong-baek setelah menghilang selama 27 tahun. Semakin menyedihkan karena sang ibu muncul dalam kondisi mengidap sakit ginjal.

Tak disangka, selama berpisah dengan putrinya, Jung-sook membeli asuransi jiwa yang selalu ia bayarkan preminya dan menunjuk Dong-baek sebagai ahli waris bila terjadi sesuatu dengan Jung-sook. Mengetahui hal itu, Dong-baek percaya bahwa ternyata ibunya masih ada perasaan dan mencintai dia.

5 dari 6 halaman

5. The World of The Married (2020) - Perencanaan dan Laporan Keuangan

Salah satu drama fenomenal yang hadir di tahun 2020 lalu. The World of Married bercerita tentang pasangan menikah yang kehidupan rumah tangganya mulai berantakan karena pengkhianatan dan anak-anak yang menjadi korban.

Di balik itu semua, The World of Married tak hanya mengajarkan kita tentang kesetiaan dan menjaga keutuhan keluarga, tetapi juga memberikan pesan tentang pentingnya perencanaan keuangan dan laporan keuangan. Wanita harus mengetahui pengelolaan keuangan, termasuk aset-aset selama menikah yang harus disepakati.

6 dari 6 halaman

6. Itaewon Class (2020) - Berani Berinvestasi

Itaewon Class merupakan serial drama korea yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama. Drama ini menceritakan perjuangan tokoh utama Park Sae ro-yi (Diperankan Park Seo-joon) dalam bertahan hidup dan mengembangkan bisnis restoran demi mengalahkan orang yang bertanggung jawab atas kematian ayahnya.

Dari uang asuransi jiwa yang ditinggalkan ayahnya, Park Sae ro-yi bertekad untuk sukses dan mandiri secara finansial. Ia mulai dengan belajar dari buku-buku bisnis, melakukan perencanaan keuangan dan menginvestasikan uangnya. Setelah sudah cukup modal, ia mendirikan restoran Danbarn dan membuka franchise, hingga akhirnya bisa lebih sukses dari Jangga, pesaing sekaligus target dari Park Sae ro-yi.

Dalam drama ini, penonton dapat belajar soal perjuangan hidup, membangun bisnis strategi dalam memasarkan produk, bertahan dalam persaingan bisnis dan tentu saja mengelola keuangan dengan baik.

Ingin bisa disiplin menabung Choi Kang Soo di Strongest Deliveryman dan berani berinvestasi seperti Park Sae ro-yi di Itaewon Class? Kamu bisa mulai dengan menjajal fitur DANA Goals dan DANA eMAS di aplikasi dompet digital DANA.

DANA Goals merupakan fitur untuk menabung atau menyisihkan uang untuk tujuan tertentu dengan nominal target yang dapat disesuaikan pengguna. Sementara DANA eMAS adalah fitur yang diperuntukkan sebagai solusi bagi pengguna yang ingin menabung dan menginvestasikan emas dengan mudah dan aman. Pengguna juga dapat membeli emas melalui fitur tersebut tanpa adanya biaya tambahan.

Dengan DANA Goals dan DANA eMAS, dijamin kamu akan #BebasDrama dari kebiasaan boros dan bisa mengatur keuangan dengan rajin menabung maupun berinvestasi dalam emas digital. Transaksi dijamin aman karena ada DANA Protection yang menjamin transaksi aman dengan sistem keamanan berlapis dan dinamis juga ada garansi 100% uang kembali sesuai syarat & ketentuan di aplikasi DANA.

Menabung di DANA Goals dan DANA eMAS semakin mudah, karena kamu bisa transaksi dengan saldo DANA atau kartu bank yang sudah tersimpan di aplikasi DANA.

Segera download aplikasi DANA dan #BebasDrama dari kesulitan mengatur finansial.

 

(*)