Sukses

Saung Angklung Udjo Meriahkan Pameran Daring Tokoh Sumpah Pemuda Emma Poeradiredja

Emma Poeradiredja yang merupakan tokoh pejuang wanita asal Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Emma Poeradiredja dikenal sebagai tokoh pejuang wanita asal Jawa Barat. Perjuangannya menghasilkan banyak pemikiran serta inspirasi bagi kaum perempuan Sunda. Meski merupakan pejuang, sosoknya masih belum dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia.

Karena itu, Museum Sumpah Pemuda bersama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menggelar Pameran Daring Tokoh Sumpah Pemuda, Emma Poeradiredja.

"Di tengah situasi seperti ini kita menyelenggarakan pameran daring dengan tema Emma Poeradiredja: Pejuang Wanita dari Bumi Pasundan. Semoga melalui pameran daring ini, kita bisa meneladani dan mengenal sosok Emma Poeradiredja," kata Direktur Jendral Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek), Hilmar Farid PhD.

  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjuangan Wanita Indonesia

Hilmar Farid mengatakan, sebagai wanita berdarah Sunda, perjuangan Emma Poeradiredja tidak ditujukan untuk sukunya saja, tetapi juga untuk seluruh wanita Indonesia. Hal ini terlihat dari kegigihan dan usaha Emma Poeradiredja hingga akhir hayatnya.

 

3 dari 4 halaman

Berkarya di Tengah Wabah Covid-19

Tak hanya itu, kata dia, Emma Poeradiredja merupakan inspirasi bagi para pemuda-pemudi Indonesia untuk terus memberikan pengabdian bagi bangsa dan negara secara konsisten dan tanpa pamrih.

"Wabah Covid-19 yang masih mengintai kita semua, tidak bisa dipungkiri membuat rasa was-was perlu ditingkatkan apabila beraktivitas di luar rumah. Namun, hal itu lantas tidak menyurutkan semangat kita untuk tetap produktif dalam berkarya, bekerja, dan melayani," Hilmar Farid menambahkan.

 

4 dari 4 halaman

Dimeriahkan Saung Angklung Udjo

Pameran daring ini berlangsung mulai 29 Juni sampai 29 Juli 2021. Pembukaan Pameran ini disiarkan melalui kanal YouTube Muspada Selasa, 29 Juni 2021 pukul 10.00 WIB.

Rangkaian pembukaan pameran ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan kesenian musik dan tari oleh Saung Angklung Udjo.

Pameran dapat diakses melalui laman https://www.pamerandaringemma-msp.com/.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.