Sukses

Tommy Kurniawan Sosialisasi Sinergi Ekosistem BUMN Ultra Mikro di Kabupaten Bogor

Tommy Kurniawan memberikan solusi kepada masyarakat luas terkait wirausaha.

Liputan6.com, Jakarta Aktor yang juga anggota Komisi VI DPR Tommy Kurniawan bertemu dengan masyarakat luas di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bukan sekadar bertemu, suami Lisya Nurrahmi ini juga memberikan solusi kepada masyarakat luas terkait wirausaha dan melepaskan diri dari urusan utang dengan jeratan renternir yang mencekik leher.  

Kegiatan pertemuan yang dilakukan Tommy Kurniawan itu dalam rangka Sosialisasi Pemanfaatan dan Tujuan Atas Pembentukan Sinergi Ekosistem BUMN Ultra Mikro kepada pelaku UMKM yang digelar di Aula Zona Madina, Kemang, Kabupaten Bogor, Sabtu (5/6/2021) kemarin.

Para peserta UMKM yang hadir dengan tetap menegakkan protokol kesehatan sangat antusias mengikuti jalannya acara. Disampaikan Tommy Kurniawan, Sinergi Ultra Mikro Perusahaan BUMN (Pegadaian, BRI, PNM) bertujuan untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi dan membantu masyarakat dalam rangka menumbuh kembangkan usaha.

“Sinergisitas Ultra Mikro (BRI, PNM, Pegadaian) sangat kita dukung dan apresiasi untuk membantu dan menumbuh kembangkan usaha para pelaku usaha kecil dibawah,” kata Tommy Kurniawan kepada para pelaku usaha dan masyarakat yang hadir di lokasi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bunga Rendah

“Dan penting untuk melakukan perbaikan pendataan akses permodalan lebih mudah dengan bunga yang rendah. Ini menjadi solusi untuk keluar dari pembiayaan (Pinjaman) renternir yang bunganya bisa mencekik leher. Kebijakan strategis ini merupakan peluang untuk wirausahawan, atau enterpreneur dan menjadikan UMKM naik kelas,” sambung Tommy.  

 

3 dari 4 halaman

Pertama Kali

Dikatakan Tommy, kegiatan sosialisasi ini baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Bogor. Dari 50 juta pengusaha ultra mikro di Indonesia, baru 20 persen di antaranya yang mendapatkan layanan dari institusi keuangan formal. Padahal, 80 persen segmentasi ekosistem ultra mikro didominasi pelaku UMKM.  

“Di satu sisi, pelaku ultra mikro dan UMKM merupakan tulang punggung, serta kunci pemulihan ekonomi nasional yang harus diselamatkan dari tekanan dampak pandemi Covid-19 di Indonesia,” jelas Tommy Kurniawan. 

 

4 dari 4 halaman

Apresiasi

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Forum UMKM Kabupaten Bogor Haikal Hasan Thalib  dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor Asep Maulana. Disampaikan Haikal, pihaknya sangat apresiasi kegiatan ini karna sangat membantu untuk pemulihan ekonomi di  Indonesia dan khususnya di Kabupaten Bogor. Forum UMKM Kabupaten Bogor siap bersinergi untuk mempercepat Ultra Mikro Perusahan BUMN untuk maju bersama. 

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor Asep Mulyana mengatakan, ada peningkatan jumlah UMKM selama pandemi Covid-19. Peningkatannya hingga saat ini mencapai tiga kali lipat dari sebelum Covid-19 melanda, dengan data saat ini sebanyak 773 Ribu pelaku UMKM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.