Sukses

Rapper Indonesia Kirnath Bermimpi Bisa Berkarir di Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta Kesuksesan Rich Brian menembus kancah internasional membuat musik hip-hop kembali ramai digandrungi. Hal ini seolah memberi harapan bahwa penyanyi Tanah Air, khususnya rapper juga bisa bergabung hingga ke mancanegara. 

Keinginan berkarir hingga go internasional ini diidam-idamkan oleh banyak penyanyi, tak terkecuali rapper lokal, Kirnath. Rapper asal Tangerang ini juga memiliki mimpi untuk berkarir di Amerika Serikat.

“Mimpi gue berkarir di Amerika dan bertemu orang-orang hebat di sana. Semoga bisa terlaksana dan tentu gue tidak akan lupa dari mana gue berasal," kata Kirnath dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

Di usianya yang masih muda, yakni 22 tahun, Kirnath sudah melahirkan beberapa lagu. Belum lama ini, dirinya baru saja merilis karya teranyarnya yang berjudul Feelz.

Sebelum merilis Feelz, pria bernama asli Muhammad Indra Purnama ini mengeluarkan lagu berjudul $tick dan mendapat sambutan hangat dari pendengar. Baru tujuh hari pertama AMV dirilis di YouTube sudah tembus hingga 10 ribu views.

 

2 dari 4 halaman

Dikenang

Dalam berkarir, Kirnath ingin karya-karyanya bisa dikenang oleh banyak orang. Bahkan sampai tiba akhirnya ia menutup mata, karyanya masih ada dan bisa dinikmati oleh penggemarnya. 

“Seperti kebanyakan orang, membuat karya lalu dikenal orang sebanyak mungkin. Sehingga ketika gue udah nggak ada pun karya gue masih ada," paparnya.

 

3 dari 4 halaman

Tak Percaya Diri

Saat mengawali karirnya, pria kelahiran 1999 ini sempat merasa tak percaya diri. Namun ia memberanikan diri merilis lagu pertamanya yang berjudul Sad But Chill dan ternyata mendapat tanggapan yang positif. 

Single pertamanya itu didengar oleh 225 ribu orang di Spotify. Kebanyakan pendengar lagu Kirnath berasal dari US dan Rusia. Sukses dengan lagu pertamanya, ia mencoba merilis lagu kedua.

Namun rupanya lagu kedua yang berjudul Ex tidak semulus single pertama. Lagu itu mendapat banyak kritikan dari pendengar terlebih mengenai cara mixing dan mastering yang dinilai kurang.

Akhirnya Kirnath memutuskan untuk menghapus lagu tersebut dari semua platform. Kejadian ini membuat Kirnath merasa sangat terpukul dan kecewa.

 

4 dari 4 halaman

Ragu

Bahkan ia sempat merasa malu untuk kembali menelurkan karya. Namun ia sadar, ia harus bangkit. Dari kesalahan itu, Kirnath semakin termotivasi lebih serius belajar tentang musik.  

“Dan yang selalu gue pegang sebagai motivasi adalah semua orang pernah jatuh, tinggal orang itu mau bangun lagi atau mau jatuh selamanya," pungka pemilik Instagram @kirnaath itu. 

Lagu kebangkitannya itu ia beri judul Same Story Different Girl yang mujurnya mendapat sambutan hangat dari pendengar. Kini, Kirnath sudah memiliki setidaknya tiga lagu yang menjadi awal untuk menyeriusui karirnya hingga kancah Internasional.