Sukses

Itang Yunasz Hingga Ivan Gunawan Meriahkan Pameran Industrial Moslem Exhibition

Itang Yunasz mengaku senang dengan adanya perhelatan di masa pandemi ini.

Liputan6.com, Jakarta Ajang Indonesia Industrial Moslem Exhibition (ii-Motion) bakal digelar secara virtual selama 3 hari pada 3-5 Juni 2021 mendatang. Perhelatan itu pun disambut sukacita oleh para desainer dan artis Tanah Air. Di antaranya Itang Yunasz

Selain Itang Yunasz, beberapa di antaranya yang juga ikut ambil bagian dalam perhelatan itu antara lain Ivan Gunawan, Ida Royani, Jenahara, Khanaan Shamlan, dan Irfan Hakim.

Itang Yunasz pun menaruh harapan pada pameran ini akan membuka peluang besar bagi industri busana Muslim yang lebih luas lagi.

“Saya memprediksi ii-Motion akan menjadi salah satu kunci ekonomi syariah dan industri halal Indonesia. Pada gilirannya, Ii-Motion menjadi pintu menuju kesuksesan industri muslim,” ujar Itang Yunasz saat jumpa pers di Gedung Departemen Perindustrian RI, Jakarta, Selasa (25/5/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

IKM

Selain busana muslim, ii-Motion 2021 juga menyediakan 152 gerai bagi para pelaku IKM (Industri Kecil Menengah), seperti  tas, sepatu, perhiasan, kosmetik, makanan dan minuman halal, serta peralatan dapur dan rumah tangga. 

Mereka akan diajak berkreasi demi menarik perhatian publik yang hadir di ii-Motion melalui fashion show, talkshow, demo masak dan barista demo, serta demo hijab dan make up.

Gati Wibawaningsih selaku Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA), sebagai tuan rumah, juga menyediakan pojok fasilitasi layanan Ditjen IKMA, yakni berupa Pojok Fasilitasi: Klinik Desain Merek dan Kemasan, Klinik Kekayaan Intelektual dan pojok pamer para pemenang penghargaan dari Ditjen IKMA.

“Kami mengajak seluruh pelaku IKM, komunitas, buyer, dan masyarakat luas untuk turut meramaikan pameran ii-Motion 2021 secara virtual pada 3 – 5 Juni 2021. Tunjukan bahwa Indonesia mampu menjadi The Next Produsen Produk Halal Terbesar Dunia,” ujar Gati.

 

3 dari 4 halaman

Peranan

Pemerintah menganggap bahwa pelaku industri kecil dan menengah (IKM) memiliki peranan penting dalam mendukung kemajuan industri halal dan busana muslim di Tanah Air. 

“Gelaran ii-Motion, di antaranya akan memfasilitasi kemudahan akses pasar kepada pelaku IKM, khususnya yang bergerak di bidang busana muslim dan produk halal. Kami juga ingin bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, karena punya banyak potensi besar,” ujar Gati.

 

4 dari 4 halaman

Muslim

Kekuatan Indonesia itu antara lain sebagai negara muslim terbesar dengan populasi warga muslimnya sebanyak 229 juta jiwa atau mencapai 87,2% dari total 276,3 juta jiwa penduduk. Jumlah ini adalah 12,7% dari total populasi muslim dunia.

Bahkan, dengan sumber daya yang dimiliki, Indonesia memiliki peluang sebagai produsen dan eksportir produk halal terbesar di dunia. 

“Kita juga memiliki beragam sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk menggenjot ekspor produk halal ke pasar mancenegara, khususnya untuk industri makanan, minuman, dan fesyen muslim,” pungkas Gati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini