Sukses

Ardhito Pramono Akhirnya Akui Musiknya Sudah Dibayar Acara TV Korea, Senggol Pihak Label

Ardhito Pramono menyebut sebuah hal yang menurutnya merupakan kejanggalan.

Liputan6.com, Jakarta - Ardhito Pramono baru-baru ini mengeluh via Instagram Stories. Kata dia, lagu-lagunya kerap digunakan menjadi backsound tayangan TV Korea Selatan tanpa izin.

Pihak dari salah satu tayangan yang disebut-sebut, 3 Meals A Day, langsung bereaksi menanggapi tuduhan ini. Lewat unggahan di Instagram resmi mereka, acara dari tvN tersebut menjelaskan bahwa mereka sudah melakukan prosedur yang benar, termasuk pembayaran royalti.

"Lagu 'Bitter Love' yang dalam beberapa laporan diklaim telah digunakan tanpa izin, adalah sebuah lagu yang dipercayakan kepada Asosiasi Hak Cipta Musik Korea dan kami telah membayar uang penggunaannya dengan izin dari Asosiasi Hak Cipta Musik Korea," begitu pernyataan dari acara TV ini.

Setelahnya, bintang film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini tersebut menarik tuduhannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sudah Bayar

"Izin untuk lagu-lagu Ardhito Pramono yang digunakan oleh show 'Three Meals a Day' ternyata sudah dilakukan oleh pihak produksi dari acara tersebut bahkan pihak 'Three Meals a Day' telah membayar izin lagu lagu tersebut ke Asosiasi Musik Korea," begitu pernyataan yang diunggahnya di Instagram Story, Sabtu (10/4/2021).

3 dari 5 halaman

Senggol Label

Tak berhenti sampai di sini. Ardhito menyebut sebuah hal yang menurutnya merupakan kejanggalan. Ia lalu menyenggol label yang menaunginya.

"Anehnya, saya sebagai produser & pencipta lagu tidak pernah mendapatkan info tentang lagu-lagu yang digunakan. Mohon sekali @sonymusicid bersama @sonymusickorea bekerja sama dalam hal ini," kata dia.

4 dari 5 halaman

Bukan Semata soal Uang

Pria 25 tahun ini lantas mengucap terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukungnya soal masalah hak kekayaan intelektual ini.

"Tidak semena mena ingin dibayar, hanya ingin dicantumkan saja nama band kami atau sekedar izin," tuturnya.

Ia menambahkan, "Dan untuk teman teman yang kontra akan hal ini, kami mohon pengertiannya. Mohon musisi/ seniman lokal Indonesia dibantu dalam hal ini. Bukannya malah dihujat."

5 dari 5 halaman

Saya Cinta Korea

Ardhito menegaskan bahwa kesalahpahamannya dengan pihak 3 Meals A Day sudah tuntas. Ia juga berterima kasih lagunya bisa ditampilkan di acara tersebut.

"Saya cinta Korea. Saya mengagumi kultur dan musik Korea apalagi kulinernya. Industri musik disana sudah sangat memadai, namun kita belum. Saya cinta Korea namun saya lebih cinta Indonesia."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.