Sukses

Powerslaves Luncurkan Versi Demo Lagu Bayang yang Aslinya Berbahasa Inggris

Powerslaves terus melaju dengan lagu rilis ulang Bayang yang berjudul You Got Me.

Liputan6.com, Jakarta - Powerslaves belum kehabisan bahan bakar Kereta rock and roll mereka. Menembus batas, ruang, dan waktu, Powerslaves terus melaju dengan lagu berbahasa Inggris yang berjudul "You Got Me".

Lagu "You Got Me" merupakan versi demo dari lagu "Bayang" sebelum diubah ke Bahasa Indonesia. Lagu "Bayang" rilis di album ketiga Powerslaves, Kereta Rock N' Roll (1998) yang ada di urutan pertama.

“Bayang” masih memiliki lirik bahasa Inggris saat masih berupa demo. Namun sesaat sebelum rekaman, lagu tersebut diubah ke bahasa Indonesia atas permintaan label rekaman yang menaungi Powerslaves saat itu, Warner Music Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lirik Aslinya Bukan Bahasa Indonesia

"Alasan Warner saat itu mungkin lebih ke pertimbangan market domestik saja. Karena saat itu lagu yang dipromosikan adalah 'Amoral'. Ketika mereka dengar versi demo 'Bayang', mereka tertarik. Hanya saja liriknya minta diganti ke bahasa Indonesia," kata Anwar Fatahillah mengenang.

"'Bayang' itu lagu industri rekaman. Awalnya memang sudah 'You Got Me' karena syair awalnya memang sudah begini: 'Yeah babe you got me...' Namun, industri rekaman biasanya mencari yang save untuk penikmat. Karena itu, diubahlah syairnya sehingga menjadi lagu 'Bayang'," timpal Heydi Ibrahim.

 

3 dari 5 halaman

Makna Lagu

Saat itu, lirik asli "Bayang" baru dibuat untuk verse pertama dan reff. Sisanya masih berupa bayangan, namun makna lagunya sudah menempel di kepala Heydi Ibrahim.

Setelah diubah judul menjadi "You Got Me", lagu ini bercerita tentang pria yang tercantol seorang wanita karena ketidaksengajaan. Mereka lantas jatuh cinta karena merasa dapat saling melengkapi.

4 dari 5 halaman

Instrumen Musik

Selain lirik yang sudah melalui tahap perbaikan dan tambahan, pada versi terbaru tidak ada lagi bunyi-bunyian instrumen drum. Untuk gitar, tetap menampilkan notasi feel in dan lead seperti aslinya yang kini dieksekusi oleh Andien KS.

"Perbedaan 'You Got Me' dan 'Bayang' selain pada lirik juga pada notasi reff. Persamaannya ada pada basic chord," Anwar Fatahillah menambahkan.

Dilanjutkan sang bassis, aransemen yang disuguhkan kali ini juga sangat akustik dengan kuatnya nuansa blues. Lalu, nuansa era 1970-an melekat erat dengan elemen orkestrasi sehingga menjadi nilai tambah di lagu "You Got Me".

Dari sisi kibor, sound-nya masih berbasis piano - Rhodes dan Hammond. Namun, timbre-nya (warna sound) berbeda jika dibandingkan dengan versi “Bayang”. Di tangan Wiwiex Soedarno, "You Got Me" pun semakin bernyawa.

 

5 dari 5 halaman

Menyambut Usia 30

Powerslaves yang usianya sudah hampir 30 ini terdiri dari Heydi Ibrahim (vokal), Anwar Fatahillah (bass), Wiwiex Soedarno (kibor), dan Agung Yudha (drum).

“You Got Me” sudah dirilis dan tersedia di seluruh platform musik digital sejak 10 April.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.