Sukses

Krontjong Toegoe Luncurkan Lagu Sekeping Cinta Sambut Valentine

Liputan6.com, Jakarta Nama Krontjong Toegoe dikenal sebagai salah satu grup keroncong yang berasal dari Indonesia, tepatnya di Kampung Tugu di utara Jakarta adalah tempat lahirnya.  

Adalah seorang putra Tugu bernama Arend J Michiels berhasil mengumpulkan anak-anak muda dan mengukuhkan group Krontjong Toegoe pada 12 Juli 1988. 

“Nama Krontjong Toegoe diambil dari kampung di mana musik keroncong berasal yaitu Tugu dengan sentuhan ejaan lama untuk mengingatkan dan menyambung benang merah masa lampau,” tulis rilis yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini.

 

2 dari 3 halaman

Pimpinan

Krontjong Toegoe saat ini dipimpin oleh Andre J Michiels, memulai karir dari bawah. Dari panggung 17-an, hingga telah beberapa kali menjadi pengisi acara di Istana Negara dan Istana Bogor. Mereka juga mengharumkan nama Indonesia secara internasional dengan memenuhi undangan tampil di beberapa negara, antara lain Singapura, Malaysia, Jepang,  Belanda dan Portugal. 

Krontjong Toegoe telah merilis lima album dan tiga single serta sebuah album live yang dirilis untuk kalangan sendiri. Salah satu single mereka, "Tanah Tugu", pada tahun 2019 memenangkan AMI Awards sebagai karya produksi keroncong terbaik.

 

3 dari 3 halaman

Komitmen

Kelompok ini punya komitmen tinggi untuk terus menjaga musik keroncong melewati perjalanan waktu. Salah satu cara yang ditempuh adalah merekrut pemain dari generasi yang lebih muda, dengan cita-cita yang sederhana saja: musik keroncong tetap tegak berdiri, di Kampung Tugu dan di seluruh Indonesia. 

Krontjong Toegoe meluncurkan single baru, sebuah lagu cinta berjudul "Sekeping Hati" sebagai persembahan bagi pecinta musik Indonesia di Hari Kasih Sayang tahun ini, 14 Februari 2021.