Sukses

Icebox Hadirkan Kolaborasi Musisi Lintas Genre 

Liputan6.com, Jakarta Situasi pandemi Covid-19 ikut memberikan dampak kepada para pelaku seni di Tanah Air. Sampai akhirnya, melalui Iceperience.id dibuatlah sebuah proyek musik bernama Icebox. Nantinya, proyek ini menjadi sebuah platform baru bagi talenta-talenta musisi Indonesia untuk berkarya, berkolaborasi, dan menunjukan karya mereka agar didengar dan dilihat oleh publik. 

Icebox didesain untuk menjadi sebuah panggung yang berbeda dan baru bagi musisi untuk berkarya. Mulai dari produksi materi musik, kolaborasi musik lintas genre, live performance, membuat konten kreatif, hingga promosi bisa dilakukan dalam satu wadah.

Icebox bakal menjadi sebuah fasilitas bagi musisi yang mengkombinasikan antara studio rekaman musik (music recording spot) yang didukung promosi musik secara digital secara terintegrasi dalam satu wadah. Konsep integrasi ini diyakini akan membantu musisi-musisi independen yang selama ini kesulitan untuk masuk ke market musik yang lebih besar dan lebih luas. 

“Salah satu gagasan utama Icebox adalah terbuka bagi semua jenis musik dan memungkinkan terjadinya kolaborasi musik lintas genre. Karena sejak awal kami menginginkan agar bermunculan karya-karya kolaboratif yang unik, punya kekuatan, dan diferensiasi dengan pakem-pakem musik yang ada selama ini. Dengan Icebox kami juga mendorong musisi-musisi Indonesia dengan karya orisinil mereka untuk terus berkembang dan naik ke level yang lebih tinggi,” ujar perwakilan Iceperience.id, Sigit Diapsoputra saat jumpa pers secara virtual, Rabu (10/2/2021).

 

2 dari 5 halaman

Konsep

Musisi-musisi yang ingin terlibat nantinya harus mengajukan konsep kreatif dan materi musik yang akan diproduksi. Akan ada tim kurator yang terdiri dari musisi-musisi berpengalaman untuk mengkurasi setiap konsep yang diajukan serta menentukan proses dan skema produksinya. Setiap proses ini akan berujung pada promosi secara digital dan peserta yang ikut tidak dipungut biaya sepeser pun.  

Program yang bisa dimanfaatkan lainnya adalah para musisi bisa mewujudkan konsep dan karya mereka, meliputi music live performance, music podcast, dan music collaboration. Sesuai namanya, setiap konsep program tersebut dibuat untuk menghasilkan experience yang berbeda-beda sesuai dengan konsep yang diusung tiap musisi. Semua konten dan karya musik yang dihasilkan di ICEBOX bisa disaksikan di akun Youtube dan Instagram @ICEBOX_ID.

 

 

 

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Kolaborasi

Sebagai bentuk proyek perdana adalah karya kolaboratif antara produser musik dan DJ multitalenta Alffy Rev dengan Manshur Praditya seorang musisi kontemporer yang menempatkan hasratnya terhadap instrumen tradisional angklung. Perpaduan keduanya menghasilkan sebuah komposisi musik modern yang unik melalui hentakan beat khas electronic dance music (EDM) dari Alffy Rev dengan notasi-notasi angklung bernuansa etnik dari Manshur. 

Manshur, musisi yang kerap tampil di mancanegara ini menilai Icebox memberikan kesempatan besar bagi pegiat musik tradisi Indonesia seperti dirinya untuk tampil dan berkarya di level yang lebih tinggi lagi. Indonesia dengan sederet kekayaan musik tradisionalnya punya potensi besar untuk populer dan mendunia. 

“Icebox itu wadah untuk sharing dan berkolaborasi, menyatukan visi dan misi. Icebox tidak menutup mata untuk satu elemen musik atau genre musik. Kita semua bisa membuat sesuatu yang besar. Sekarang sudah bukan lagi zaman berkompetisi melainkan kolaborasi,” ujarnya.

 

4 dari 5 halaman

Berbeda

Hal senada diutarakan Alffy Rev yang menyebut proyek bersama Manshur di adalah sebuah experience yang sangat berbeda dalam proses bermusik yang selama ini ia lakukan. “Yang pasti ini merupakan wadah yang memang bisa mempertemukan banyak musisi untuk berkolaborasi lintas genre. Ini merupakan movement penting bagi kemajuan industri music di Tanah Air,” tutur Alffy. 

Selain Alffy Rev x Manshur, karya kolaboratif lainnya adalah kolaborasi antara Vicky Mono “Burgerkill” dengan DJ Sihk. Vicky dengan karakter metalcore-nya mengisi tarikan vokal dalam dentuman beat yang dihasilkan oleh DJ Sihk. “Prosesnya sangat menarik terutama di bagian aransemen music. Bayangkan saja dari genre Metaslcore, harus diubah ke genre dubstep, ini susah banget. Tapi ketika jadi, nggak nyangka sekeren ini,” jelas Vicky.

 

5 dari 5 halaman

Protokol Kesehatan

Saat ini, studio Icebox berlokasi di Jalan Rangga Malela, Bandung. Setiap musisi dapat memproduksi konsep musiknya di lokasi tersebut. Proses produksi tetap dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran pemerintah. “IIcebox memiliki misi untuk mendorong dan mendukung musisi-musisi lokal bertalenta untuk terus berkembang, sambil menginspirasi para musisi-musisi muda dari genre apapun untuk berani tampil dan menunjukan karya mereka di level yang lebih besar lagi,” ujar Diop.   

Jadi tunggu apalagi, segera kirim konsep bermusik kamu sekarang juga. Untuk info detail, kunjungi website www.iceperience.id dan follow akun Instagram dan Youtube @ICEBOX_ID.