Sukses

Band Papua Original Perkuat Status Setelah Menggandeng Aquarius Musikindo

Memulai karier sejak 2005, karier band Papua Original memasuki babak baru dengan merilis single anyar bersama Aquarius Musikindo.

Liputan6.com, Jakarta Belantara musik Indonesia yang diuji digitalisasi, bajakan, dan pandemi Covid-19 tidak membuat sejumlah musisi muda ciut nyali. Papua Original misalnya, merilis single “Status.”

“Status” single keempat Papua Original. Single ini akan dirilis secara resmi oleh perusahaan rekaman legendaris Aquarius Musikindo di sejumlah platform digital, 13 November 2020.

Papua Original menyebut nuansa “Status” lebih nasional, yakni memadukan musik tradisi dan modern. Dengan begitu, diharapkan Papua Original lebih mudah diterima pencinta musik Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Nuansa Nasional

“Saat ini kami mencoba membuat single yang lebih ke nuansa nasional. Segmentasinya ke anak-anak milenial. Lalu munculah single terbaru ‘Status,’” ungkap music director Papua Original, Etho.

Personel Papua Original, yakni Vien Mangku, Dommin Fenetiruma, Achel Uduas, dan Mamri Awom (vokal), Etho (pemain bas dan direktur musik),  Yeheskiel (drum), Yance Deda (Saksofon), Zarteus Osok (kibor), dan Niel (gitar).

3 dari 5 halaman

Dua Tiga Tahun Lalu

“Lagu ‘Status’ diciptakan Yance sekitar dua atau tiga tahun lalu. Saya aransemen ulang dengan penambahan rap dan ad-lips bahasa Biak agar terdengar lebih segar sekaligus berbeda,” ia menambahkan.

Papua Original sendiri telah merilis tiga album dan single. Band ini telah mengembara ke sejumlah panggung festival termasuk Java Jazz 2018, Prambanan Jazz Festival, dan Maumere Jazz Festival.

 

4 dari 5 halaman

Manggung di Luar Negeri

“Kami juga sudah manggung di luar negeri seperti di Perth Australia dan Selandia Baru,” kata Etho. Mewakili Papua Original, Etho mengungkapkan kebanggaan bekerja sama dengan Aquarius Musikindo.

Selama lebih dari setengah abad, perusahaan rekaman ini telah melahirkan banyak penyanyi dan band besar. Penyanyi lokal pertama yang diorbitkan Aquarius Musikindo yakni sang diva Ruth Sahanaya. 

5 dari 5 halaman

Kerja Sama Yang Keren

Setelahnya ada Sheila Majid, Nicky Astria, Dewa 19, Katon Bagaskara, Melly Goeslaw, Titi DJ, Agnes Monica, dan BCL. Diharapkan, Papua Original menyusul jejak sukses sederet nama tadi.

“Kami optimistis ini jadi kerja sama yang keren. Lagu ‘Status’ kami kerjakan selama sebulan dari rekam suara hingga bikin video klip. Kami persembahkan single ini buat penikmat musik Indonesia,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.