Sukses

Perempuan Tanah Jahanam Wakil Indonesia di Piala Oscar 2021

Film Perempuan Tanah Jahanam disutradarai Joko Anwar.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia mewakilkan satu filmnya di ajang Piala Oscar 2021. Film itu adalah Perempuan Tanah Jahanam. Film Perempuan Tanah Jahanam yang memilih judul internasional Impetigore ini akan menjadi wakil Indonesia di penyelenggaraan ajang Academy Awards 93 atau Piala Oscar 2021. 

Film Perempuan Tanah Jahanam merupakan film garapan sutradara Joko Anwar bersama rumah produksi Base Entertainment, Ivanhoe Pictures, CJ E&M division dan Rapi Films.

Proses seleksi film Indonesia untuk Piala Oscar ke-93 berlangsung di tengah situasi krisis kemanusiaan terbesar yang dialami seluruh dunia di berbagai bidang kehidupan, yakni pandemi Covid-19.

“Seleksi ditandai beberapa kenyataan dampak krisis pandemi. Sampai akhirnya terpilih Perempuan Tanah Jahanam," kata Ketua Komite Seleksi Oscar Indonesia Garin Nugroho dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (10/11/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seleksi Ketat

Lebih lanjut Garin Nugroho mengatakan bahwa film-film Indonesia yang diseleksi untuk masuk Piala Oscar 2021 berjumlah 59 film. Kondisi ini turun 50 persen dibandingkan jumlah tahun lalau sebanyak 140 film.

 

3 dari 4 halaman

Pertimbangan

Terpilihnya Perempuan Tanah Jahanam diambil Komite Seleksi Oscar Indonesia dengan berbagai pertimbangan. Komite ini dibentuk pengurus Persatuan Perusahaan Film Indonesia ( PPFI) yang terdiri 13 anggota yang diketuai Garin Nugroho.

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Anggota Komite

Untuk anggota Komite Seleksi Oscar Indonesia, terdiri dari Alim Sudio, Tya Subiakto, Benni Setiawan, Widyawati, Chand Parwez Servia dan Yudi Datau. Selain itu ada juga Deddy Mizwar, Zairin Zain, Hanung Bramantyo, Ilham Bintang, Sentot Sahid, serta Tittien Wattimena. 

Komite seleksi ini mulai bekerja 10 September 2020 lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.