Sukses

3 Selebriti Ini Pilih Gunting Kartu Kredit, Demi Hindari Riba Sampai Ingin Hidup Tenang

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit di zaman modern termasuk fasilitas untuk mempermudah transaksi pembayaran. Dengan kartu kredit, setiap orang bisa melakukan transaksi meski tak memiliki uang tunai yang cukup untuk membeli atau membayar sebuah transaksi.

Jika digunakan dengan bijak, kartu kredit bisa membantu banyak orang untuk mengontrol keuangan, bahkan memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keperluan khusus. Tapi yang marak terjadi, kartu kredit justru menjadi bumerang bagi penggunanya.

Akibat tak bisa mengendalikan pengeluaran karena terbiasa bertransaksi dengan kartu kredit, kontrol terhadap keuangan mengalami gangguan. Bahkan berujung utang dalam jumlah banyak yang sulit dilunasi. Hal inilah yang kemudian diantisipasi sejumlah selebriti Indonesia untuk tak lagi menggunakan kartu kredit.

Demi menghindari ketergantungan kartu kredit, tiga selebriti yang dirangkum Liputan6.com ini rela menggunting dan membuang kartu kreditnya agar tak bisa lagi digunakan. Siapa saja?

 

2 dari 4 halaman

1. Ayu Dewi

Ayu Dewi mengaku selama pandemi lebih sering belanja online. Artis berusia 36 tahun ini, membeli beberapa perabotan rumah tangga dan perlengkapan anak. "Siapa yang selama di rumah saja jadi member platinum olshop?" ucap Ayu Dewi.

Regi Datau marah mengetahui barang-barang yang dibeli Ayu Dewi. Puncaknya, ia memotong kartu kredit Ayu Dewi. Tanpa basa-basi Regi Datau memotong kartu kredit dengan gunting. Ayu Dewi hanya bisa diam melihat kartu kreditnya dipotong suami.

"Kartu kredit yang mana, enggak ada tagihannya enggak ada ini belanja begini boros. Mana kartu kredit kamu sini," kata Regi Datau. 

"Sudah mending jangan, enggak bisa nanti kemahalan tagihannya. Kartu kredit dipatahin aja, nanti tagihannya gede capai malas. Kamu kebanyakan beli-beli mulu," tambah Regi Datau.

3 dari 4 halaman

2. Ivan Gunawan

Ivan Gunawan menjelaskan alasan menggunting kartu kredit miliknya. Bukan karena bangkrut ataupun terpaksa. Ivan Gunawan secara sadar memang ingin menutup kartu kredit miliknya. 

"Jadi, maksud saya gini. Kenapa saya menutup kartu kredit? Sekarang ini kan zaman enggak jelas ya. Saya termasuk orang yang konsumtif. Loe tahu semua, sekarang ada pengurangan di mana-mana iya kan. Situasi enggak menentu," jelasnya.

"Daripada gua konsumtif menggunakan kartu kredit. Kalau gua ada budget nya dan utang gua enggak terlalu banyak ya mendingan gue lunas-lunasin gitu," sambungnya.

4 dari 4 halaman

3. Five Vi

Five Vi memutuskan berhijrah dan menutup aurat dengan menggunakan busana Islami. Hijrah yang dilakukannya bukan cuma sebatas penampilan. Five Vi menyadari ada bahaya besar yang ditimbulkan kartu kredit dalam kehidupannya, yakni riba.

"Saya kemarin sampai motong kartu kredit saya. Sudah nggak mau lagi saya, berat hukumnya. Saya nggak perlu dunia," Five Vi menjelaskan.