Sukses

Klarifikasi Najwa Shihab soal Dilaporkan ke Polisi Gara-Gara Wawancara Kursi Kosong

Najwa Shihab dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Ketua Umum Relawan Jokowi Bersatu, Silvia Devi Soembarto, Selasa (6/10/2020).

Liputan6.com, Jakarta Pekan lalu, Najwa Shihab bikin gempar jagat maya saat mewawancara kursi kosong lantaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto, belum berkenan memenuhi undangan tuan rumah Mata Najwa.

“Mengapa menghilang, Pak? Anda minim sekali muncul di depan publik memberi penjelasan selama pandemi. Rasanya Menteri Kesehatan yang paling low profile di seluruh dunia selama wabah ini hanya Menteri Kesehatan Republik Indonesia,” tanya Najwa Shihab kepada kursi kosong.

Viral, Najwa Shihab mengklarifikasi lewat akun Instagram terverifikasi miliknya. “Pada dasarnya saya tidak sedang melakukan wawancara, saya hanya sedang mengajukan pertanyaan. Pertanyaan, kan, tidak harus diajukan secara tatap muka,” tulis Najwa Shihab.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sampaikan Klarifikasi

Mesti telah menyampaikan klarifikasi pada 29 September 2020, tetap saja aksi Najwa Shihab mengajukan pertanyaan ke kursi kosong berbuntut panjang. Ia dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Ketua Umum Relawan Jokowi Bersatu, Silvia Devi Soembarto, Selasa (6/10/2020).

Pihak kepolisian meminta Silvia menemui Dewan Pers terkait masalah tersebut. Pada hari yang sama, Najwa Shihab menyampaikan pernyataan resmi merespons laporan Ketua Umum Relawan Jokowi Bersatu. Ia mengaku baru mengetahui soal pelaporan ini dari teman-teman media. 

3 dari 5 halaman

Siap Beri Keterangan

Saya belum tahu persis apa dasar pelaporan termasuk pasal yang dituduhkan. Saya dengar pihak Polda Metro Jaya menolak laporan tersebut dan meminta pelapor membawa persoalan ini ke Dewan Pers,” cuitnya seraya mengunggah tangkapan layar kepala berita situs berita nasional.

Jika memang ada keperluan pemeriksaan, tentu saya siap memberikan keterangan di institusi resmi yang mempunyai kewenangan untuk itu,” tuan rumah Mata Najwa menyambung.

4 dari 5 halaman

Memang Minim

Najwa Shihab menerangkan, tayangan kursi kosong diniatkan mengundang pejabat publik menjelaskan kebijakan-kebijakannya terkait penanganan pandemi Covid-19. Penjelasan itu tidak harus di Mata Najwa, bisa di mana pun.

Namun, kemunculan Menteri Kesehatan memang minim dari pers sejak pandemi kian meningkat, bukan hanya di Mata Najwa saja,” presenter kelahiran Makassar, 16 September 1977 menjelaskan. 

5 dari 5 halaman

Makin Banyak yang Mempertanyakan

Menurut Najwa Shihab, dari waktu ke waktu, makin banyak pihak yang mempertanyakan ihwal kehadiran dan proporsi Manteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, dalam menangani pandemi Covid-19.

Faktor-faktor itulah yang mendorong saya membuat tayangan yang muncul di kanal Youtube dan media sosial Narasi,” ujar Najwa Shihab. Video menanyai kursi kosong kali pertama mengudara di kanal YouTube Najwa Shihab pada 28 September 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.