Sukses

Terkenal dengan Cengkoknya yang Khas, Selfi LIDA Belajar dari Penyanyi Dangdut Senior

Penonton begitu terpukau dengan teknik cengkok Selfi LIDA dalam bernyanyi.

Liputan6.com, Jakarta - Selfi LIDA ikut meramaikan acara 17an Merdeka yang diselenggarakan Liputan6.com bersama jajaran media di bawah bendera KapanLagi Youniverse. Dalam kesempatan itu, Selfi LIDA menghibur para penggemarnya dengan menyanyikan beberapa lagu seperti "Selow", "Kau Tak Pantas", "Goyang Dua Jari", "Simalakama", dan ditutup dengan "Beraksi" dari Kotak Band.

Selama penampilannya, penonton begitu terpukau dengan teknik cengkok Selfi LIDA dalam bernyanyi. Selama ini, Selfi LIDA memang dikenal memiliki cengkok yang khas.

Namun lucunya, Selfi LIDA justru awalnya tidak mengerti apa itu cengkok. Belakangan, Selfi LIDA baru mengetahui cengkok ketika sudah ikut Liga Dangdut di Indosiar.

"Jadi memang dulu Selfi juga bingung, pas orang bilang 'Kamu cengkoknya bagus'. Cengkok itu apa ya? Akhirnya pas masuk LIDA baru paham sedikit tentang cengkok," kata Selfi LIDA, pada Senin (17/8/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terbiasa

Sementara itu, cengkok Selfi LIDA itu terlatih memang sejak lama. Saat kecil dulu, Selfi LIDA terbiasa mendengarkan lagu-lagu dangdut yang penuh cengkok.

"Dari kecil Selfi memang udah nyanyi, jadi udah terbiasa dengan seperti itu (cengkok), dan banyak dengerin lagu-lagu khususnya dangdut yang ada cengkoknya," papar Selfi LIDA.

 

3 dari 4 halaman

Referensi

Bicara soal referensi, Selfi LIDA memiliki nama-nama besar di dunia dangdut yang begitu ia idolakan dan dijadikan sebagai referensi.

"Referensinya Rita Sugiarto, Umi Elvy Sukaesih, Erie Susan, penyanyi favorit Selfi yang sampai sekarang masih konsisten dengan kariernya. Jujur aja banyak juga referensi cengkok yang Selfi pelajari dari penyanyi dangdut laki-laki, King Nassar, banyak juga belajar dari dia," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Mengalir

Lebih lanjut, Selfi LIDA menyebut bahwa mempelajari cengkok dangdut akan semakin mudah seiring dengan banyaknya referensi musik yang didengarkan.

"Kalau lagunya udah ngalir, cengkok itu akan muncul dengan sendirinya. Tergantung dari kita banyaknya kita mendengarkan referensi lagu, lagu India, Arab, Melayu, dll," kata Selfi LIDA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.