Sukses

Bayi Rianti Cartwright Dilarikan ke NICU Usai Dilahirkan, Ada Apa?

Rianti Cartwright ungkap kisah bayinya yang dilarikan ke NICU usai dilahirkan.

Liputan6.com, Jakarta Rianti Cartwright telah melahirkan bayinya secara normal di Rumah Sakit Bunda Menteng, Jakarta Pusat. Istri Cassanova Alfonso ini melahirkan bayi perempuan yang dinamai Cara Rose Kanaya Nainggolan.

Lewat akun Instagram terverifikasinya, Rianti Cartwright menceritakan persalinannya. Pada 24 Juli 2020 pukul 11.00 WIB, mantan VJ MTV ini mengalami pecah ketuban. Setelahnya ia dipersiapkan untuk bersalin secara normal.

"Untungnya aku sudah berada di RS jadi bisa langsung turun ke ruang persalinan. Disana aku harus tidur terlentang sambil menunggu pembukaan," tulis Rianti Cartwright pada Jumat (7/8/2020).

"Rencana labour dance dan bouncing on my pregnancy ball buyar but I had to trust in His plan. Ternyata tidur terlentang dan nunggu pembukaannya sampai 19 jam lebih. Rasanya uwoww," sambung bintang film Ayat-ayat Cinta dan 3 Dara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Masuk NICU

Setelah melalui masa kontraksi yang panjang, Rianti Cartwright akhirnya melahirkan bayi pada 25 Juli 2020 pukul 18.50 WIB dengan berat 3.74 kilogram dan panjang 51 cm.

Karena ketuban pecah terlalu dini, proses pembukaan lama, dan beberapa faktor lain, Cara Rose dilarikan ke ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU) setelah dilahirkan.

"Dan harus dirawat dengan antibiotik selama beberapa hari. Perasaanku waktu itu campur aduk antara takut, sedih, khawatir etc etc semua jadi satu," Rianti Cartwright berbagi cerita.

3 dari 5 halaman

Tak Bisa IMD

Keadaan ini membuat Rianti Cartwright tak bisa melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Hal ini membuat hatinya sedih. Suaminya menguatkan.

"@casalfonso mengatakan bahwa ini mengajarinya untuk menjadi rendah hati dan selalu mengharapkan yang tidak terduga," papar aktris kelahiran 22 September 1983.

4 dari 5 halaman

ASI

Kendati anak berada di NICU, Rianti Cratwright tetap memberikan ASI. Dari sinilah perjuangan menyusui dimulai dengan keadaan yang tak terbayangkan.

"Akhirnya aku pumping di kamar dan kirim ASI ke NICU setiap beberapa jam. ASInya dikasih ke Rose lewat selang. Perawat di NICU bilang 'Ibu jangan nangis terus nanti ASInya bisa berhenti'," kata artis berusia 36 tahun ini.

5 dari 5 halaman

Akhirnya Menyusui Langsung

Rianti Cartwright bersyukur karena produksi ASI-nya lancar. Setelah beberapa hari dirawat di NICU, selang ASI-nya bisa dilepas. Sang anak akhirnya bisa menyusui langsung.

"Aku diperbolehkan turun ke NICU setiap 2-3 jam untuk menyusui," Rianti Cartwright mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.