Sukses

Pengakuan Kwon Mina soal Perlakuan Personel AOA atas Bullying yang Dialaminya

Liputan6.com, Seoul - Mantan anggota AOA, Kwon Mina, menumpahkan unek-unek di Instagram pribadinya, Kamis (6/8/2020). Yang pertama, ia mengungkap sempat kembali melakukan upaya bunuh diri.

Sekadar peringatan awal, gambaran tentang foto ini mungkin bisa membuat Anda tak nyaman. Kwon Mina mengunggah foto yang memperlihatkan pergelangan tangannya yang luka dan telah dijahit.

Foto ini, membuat warganet kaget dan cemas. Tak lama kemudian, Kwon Mina membuat klarifikasi bahwa percobaan bunuh diri ini tak ia lakukan baru-baru ini.

"Aku tidak melakukan percobaan bunuh diri ini sekarang. Itu kulakukan sekitar satu bulan lalu setelah berbicara dengan seorang staf FNC," tulis Kwon Mina di unggahan lain.

2 dari 7 halaman

Semua Tahu

Tak hanya klarifikasi, ia juga membuat sejumlah pengakuan mengenai perlakuan anggota AOA terhadap dirinya.

"Banyak orang yang bertanya mengapa aku unfollow para member [AOA], menyumpahiku, atau memintaku menjelaskannya, dan aku berbicara soal ini karena aku merasa tidak melakukan hal yang pantas untuk dicaci-maki," kata Kwon Mina.

Selanjutnya, ia mengklaim bahwa semua anggota AOA mengetahui bullying yang ia alami. "Pertama-tama, semuanya mengetahui tentang insiden dengan Shin Ji Min Unnie, jadi kalian mungkin mengerti," kata dia.

3 dari 7 halaman

Sahabat Jimin Bermarga Kim

Lalu satu demi satu ia membuat pengakuan soal perlakuan para personel AOA. Yang paling pertama, adalah sosok "Kim" yang merupakan sahabat baik Jimin.

"Sang sahabat Kim tak peduli saat Shin Unnie mengutarakan hal buruk tentang Kim sendiri. Aku sebelumnya menganggap Kim sebagai teman baik, tapi aku tak bisa lebih dekat dengannya karena ia adalah teman baiknya Shin. Aku mengkhawatirkannya dan memberinya nasihat dengan tulus," tutur Kwon Mina.

"Tentu saja semua anggota tahu aku menghadapi masa sulit karena Shin Unnie, dan saat kami berbicara di pengujung waktu, Kim mengatakan dia tak peduli apa yang terjadi dan hanya merasa tidak suka dengan situasi yang ada. Dari sudut pandangku, ia adalah penonton, dan apa yang ia ucapkan membuatku kecewa," kata Kwon Mi Na.

4 dari 7 halaman

Merasa Tidak Diperlakukan dengan Tulus

Kwon Mi Na juga menyebut keberadaan sosok lain bermarga "Kim" yang lebih muda di grup ini. 

"Saat mereka semua datang dengan Shin Ji Min Unnie untuk meminta maaf yang tak terlihat seperti permintaan maaf, Kim yang lebih muda berkata, 'Apa ada kenangan indah yang kamu miliki?' Dia masih muda, jadi saat ia merajuk, aku membiarkan," tutur Kwon Mina.

Ia menambahkan, "Tapi aku tak mengerti mengapa dia melakukannya. Mencerca Unnie yang itu di depanku, tapi mendekatinya di belakangku, mungkin seperti itu kehidupan." Kwon Mina merasa perlakuan yang ia terima tidak tulus.

Sekadar informasi, ada dua anggota AOA dengan marga Kim. Yang pertama adalah Kim Seol Hyun, yang kerap disebut Shin Ji Min sebagai sahabat baiknya. Sosok lain yang bermarga Kim adalah Kim Chan Mi, sang maknae alias anggota termuda.

5 dari 7 halaman

Seo Unnie

Ia lalu bercerita tentang anggota bermarga Seo yang lebih tua darinya. Ada dua orang dalam sejarah AOA yang memiliki marga ini, yakni Seo You Kyung dan Seo Yu Na. Hanya saja, You Kyung berusia sepantaran dengan Mina dan telah keluar dari AOA sejak 2016. 

Sementara Yu Na lebih tua setahun dari Kwon Mina.

"Dan Seo Unnie dengan tulus peduli kepadaku dan memikirkanku, tapi tak ada yang maju ke hadapan Shin Ji Min Unnie," tuturnya.

6 dari 7 halaman

Shin yang Lain

Ia menambahkan tentang personel lain yang bermarga Shin. Selain Jimin, anggota lain yang memiliki marga ini adalah Hye Jeong.

"Setidaknya Shin lain yang berusia sama mengatakan kepada sang Unnie, 'Mengapa kamu tak ingat? Bahkan aku tahu soal hal itu dan semuanya tahu tentang hal ini'," tuturnya.

7 dari 7 halaman

Unfollow Semua Anggota AOA

Kwon Mina mengatakan personel AOA, terutama "Kim sang sahabat baik", adalah sosok penonton yang tak berbuat apa-apa untuk menolongnya. "

"Jadi aku unfollow dia (Kim) lebih dulu. Kemudian, aku ingin menghapus memoriku soal AOA, jadi aku unfollow mereka semua," kata Kwon Mina.

Simak juga informasi berikut ini:

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.