Sukses

Riasan Mata Jennie Blackpink Jiplakan dari Karya Selebgram?

Liputan6.com, Seoul - Foto-foto teaser comeback Blackpink yang dirilis YG Entertainment belakangan ini jadi buah bibir para penggemar K-Pop. Apalagi dandanan Jisoo dkk yang terlihat cadas membuat publik mengira-ngira seperti apa konsep yang akan mereka tampilkan nanti.

Jennie Blackpink misalnya. Dalam salah satu foto teaser, ia tampil dengan riasan mata yang dramatis. Di bawah mata kirinya dipoles eye shadow pink terang dengan guratan tajam. 

Riasan mata ini tampak menonjol di wajah Jennie Blackpink yang didandani dengan makeup warna natural. Sayang, riasan mata unik ini dituding hasil jiplakan.

2 dari 5 halaman

Tudingan Nushafarin

Yang menuduhnya adalah seorang selebgram dan beauty guru yang membuat desain riasan mata ini, Nushafarin. Ia mengklaim desain riasan itu terlalu identik dengan yang pernah ia buat sebelumnya. Dalam unggahan Instagram bertanggal Senin (22/6/2020), Nushafarin mengungkap tudingannya.

"Aku tak punya masalah bila orang terinspirasi karyaku atau membuatnya kembali, tentu saja dengan mencantumkan credit. Malah rasanya sangat terhormat bila ada yang terinspirasi makeup-ku. Tapi tidak bisa diterima bila perusahaan besar seperti YG, membayar seorang seniman untuk membuat ulang karyaku tanpa menghubungiku dan mencantumkan credit," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Tak Seperti Desain Api

Ia menyertakan sejumlah bukti. Salah satunya perbandingan karyanya yang dibuat pada akhir Februari lalu, dengan teaser Blackpink yang muncul beberapa hari kemarin.

Nushafarin mengomentari tanggapan sebagian warganet yang merasa desain "api" pada riasan mata hal yang umum. "Aku tidak pernah mengklaim sebagai kreator riasan mata api, tapi riasan mata yang kubuat tidak seperti desain api lain yang kau temukan," Nushafarin merespons.

4 dari 5 halaman

Bukan Api Melainkan Pedang

Ia menambahkan, desain ini sebenarnya tak terinspirasi dari api, melainkan pedang. "Desain ini unik karena penempatannya, di bawah mata, hanya di bawah satu mata, dengan goresan tajam yang unik di sisi dalam dan luarnya," Nushafarin menjelaskan.

Nushafarin menuding penata rias yang ditunjuk YG Entertainment, Maeng, benar-benar meniru hasil karyanya.

5 dari 5 halaman

Belum Direspons

"Bentuknya tak berubah sama sekali, tetap dibuat pink, bahkan shading di pinggir garisnya ditiru. Tak ada bantahan bahwa ini adalah pembuatan ulang dari riasan asli yang kubuat pada Februari," terang Nushafarin.

Ia mengaku sudah mencoba menghubungi YG Entertainment untuk menyelesaikan masalah ini. Saat unggahan ini dibuat, Nushafarin belum mendapat respons. Bagaimana menurutmu? Apakah dandanan Jennie Blackpink merupakan tiruan dari desain Nushfarin?