Sukses

DJ Cliffrs Angkat Pariwisata Kampung Halamannya di Sumut

Melalui Toco, DJ Cliffrs punya niat mulia untuk mengembangkan pariwisata lokal dan keindahannya.

Liputan6.com, Jakarta - DJ Cliffrs yang pernah berkolaborasi dengan musikus papan atas seperti Angger Dimas, Mahesa Utara, hingga Tenishia, bertekad membantu mempromosikan pariwisata lokal di Sumatera Utara, yang merupakan kampung halaman Cliffrs.

Melalui label rekamannya, Toco Recording, DJ Cliffrs punya niat mulia untuk mengembangkan pariwisata lokal dan keindahannya.

Ia pun menjalani recording atau live set di tempat wisata di Sumatera Utara. Taman Simalem, Danau Toba, dan Eco Tourism yang berada di Langkat pun menjadi pilihan.

"Awalnya aku sering lihat teman dan anak-anak Medan itu sering liburan ke negara tetangga. Mereka kerja bertahun-tahun nabung terus habisinnya di sana," ujar DJ Cliffrs kepada awak media, Minggu (7/6/2020).

"Aku termotivasi, ayolah kita promosikan wisata daerah aku lahir untuk menjadikan lebih baik. Supaya banyak yang kunjungin dangan otomatis bakal menjadikan pendapatan daerah dan membantu pemerintah," lanjutnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daerah Lainnya

Tak cuma di Sumut, Cliffrs juga sudah punya rencana membantu mempromosikan pariwisata di beberapa daerah lainnya di Indonesia.

"Setelah Sumut, aku bakal ke Sumatera Barat dan mungkin Lampung yang begitu cantik pantai-pantainya," terangnya.

Toco Recording sendiri didirikan Cliffrs bersama DJ Panca Borneo dengan tujuan membantu para DJ menerbitkan lagu mereka serta mengembangkan bakat dari DJ lokal.

3 dari 5 halaman

Di Tengah Pandemi

Niat pria yang memulai karier sejak 2004 itu dalam membantu mengangkat pariwisata Sumut memang terus dilakukannya meski tengah ada pandemi virus corona Covid-19.

"Kita memang menghadapi sedikit kendala selama pandemi tapi kita berusaha tetap mengikuti protokoler pemerintah dan tempat yang dibuka untuk umum. Kita juga pernah ditolak untuk balik karena daerah itu sedang PSBB," imbuh Cliffrs.

4 dari 5 halaman

Kegiatan Lain

Selain itu, Cliffrs juga kini sedang menjadi pengurus PDJI (Persatuan Disc Jockey Indonesia). Pria asal Medan itu sudah mendirikan recording label dengan nama Toco Recording, sejak 2014. Recording ini merupakan hasil kerjasama dengan DJ Panca Borneo.

 

5 dari 5 halaman

Toco Recording

Di tahun 2018 lalu, Toco Recording juga mengembangkan sayap dengan menciptakan Toco Music. Sebuah platform komunitas musik dengan motto "All Label - All Producer - All DJ" yang bertujuan menyatukan seluruh DJ maupun produser, baik lokal maupun non-lokal.

"Sudah banyak kompetisi yang dimenangkan para anggota yang tergabung di Toco Music sehingga membuat Toco Music sebagai salah satu komunitas musik yang memiliki nama di Sumatera Utara, bahkan sudah menjangkau luar Sumatera, mungkin kami tidak segan lagi menyebutkan Indonesia," terang Cliffrs.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini