Sukses

Bebas Dari Penjara, Ferdian Paleka: Sangat Menyesal dan Tidak Akan Mengulangi

Ferdian Paleka dibebaskan. Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri menjelaskan dasar hukumnya.

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat Ferdian Paleka? YouTuber ini bikin geger lantaran menggelar aksi sosial abal-abal dengan membagikan paket sembako berisi sampah kepada dua waria yang mangkal di salah satu jalanan kota Bandung, Jawa Barat.

Setelah menjalani masa penahanan, Ferdian Paleka pekan ini bebas. Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri, mengonfirmasi kebenaran kabar ini, Kamis (4/6/2020) siang.

Ferdian Paleka dijemput tim kuasa hukum bersama keluarga di Mapolrestabes Bandung, Jawa Barat. Tak hanya Ferdian Paleka yang menghirup udara bebas. Dua temannya yang ikut aksi sosial abal-abal, Tubagus Fahddinar dan Aidil, juga bebas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Demi Hukum, Dikeluarkan

"Jadi benar, hari ini untuk Ferdian Paleka Cs demi hukum kita keluarkan dari tahanan dan kemudian yang menjadi dasar adalah laporan yang dilaporkan oleh korban itu dicabut," beri tahu Galih, seperti dipublikasikan akun Instagram terverifikasi @lambe_turah.

Korban dengan terlapor sudah melakukan perdamaian difasilitasi kuasa hukum masing-masing. Hasil perdamaian dikirimkan ke kepolisian. "Kepada Bapak Kapolrestabes dan kemudian beliau mendsiposisikan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku," ia menyambung. 

3 dari 5 halaman

Ada Hukum Yang Mengatur

Galih mengingatkan, pembebasan Ferdian Paleka tidak mencederai hukum. "Yang dilaporkan merupakan delik aduan, di sini harus dipahami bersama karena hukum sudah mengatur hal tersebut," pungkasnya.

Merespons pembebasannya, Ferdian Paleka dan kawan-kawan kembali menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat, khususnya transpuan di kota Bandung.

4 dari 5 halaman

Sangat Menyesal

Bersama kedua rekannya, Ferdian Paleka membuat pernyataan sikap. "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kami bertiga meminta maaf atas perlakuan kita yang membuat konten prank sampah kepada transpuan terutama transpuan kota Bandung," ucapnya.

"Kami bertiga sangat menyesali perbuatan kami. Dan kami tidak akan mengulangi perbuatan kami di kemudian hari nanti, yang dapat merugikan orang banyak dan membuat resah masyarakat. Kami sangat menyesali. Terima kasih," cetusnya dengan tangan menjura.

5 dari 5 halaman

Bikin Gempar Awal Mei

Seperti diketahui, awal Mei 2020, Ferdian Paleka bikin gempar lantaran mengunggah konten aksi sosial berbagi paket sembako isi sampah kepada waria. Meski video bertajuk “Prank Kasih Makanan Ke Banci CBL” itu telah dihapus, protes masyarakat tetap menggunung.

Publik makin geram saat Ferdian Paleka membuat permintaan maaf palsu di Instagram Stories. Ia dengan enteng berujar, “Saya pribadi meminta maaf atas kelakuan saya yang itu… tapi bohong ya!”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini