Sukses

Konser Amal Bersatu Melawan Corona Berhasil Kumpulkan Donasi Sebanyak Rp 4 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menggelar konser amal virtual bertajuk Bersatu Melawan Corona.

Konser Bersatu Melawan Corona ini disiarkan secara langsung di sejumlah stasiun televisi nasional dan juga Vidio.com pada Minggu (18/5/2020) malam tadi.

Konser amal Bersatu Melawan Corona diisi penampilan oleh Bimbo dan sejumlah artis nasional. Presiden Joko Widodo bersama para tokoh nasional juga turut bergabung secara virtual dari rumah mereka masing-masing.

Selama acara ini, masyarakat juga bisa turut berprtisipasi dengan memberikan donasi kepada para pekerja seni yang terdampak Covid-19.

Total donasi yang terkumpul selama konser Bersatu Melawan Corona adalah Rp 4 miliar dan akan disalurkan oleh BNPB ke seluruh korban Covid-19 yang tersebar di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Sambutan Presiden

Presiden Joko Widodo turut menyampaikan sambutannya untuk acara ini. Menurut presiden, sudah seharusnya kita membuktikan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia bisa menangani sendiri pandemi Covid-19 ini.

"Bapak, ibu, dan saudara-saudara sekalian. Kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang tangguh, bangsa yang kuat, dan itu sudah kita buktikan dari sekian banyak pengalaman sejarah dan pembuktian sejarah kita," ujar Presiden Jokowi, Minggu.

"Oleh karena itu, marilah kita tunjukkan kepada dunia bahwa kita mampu dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Mampu juga menjaga persatuan dan kesatuan bangsa kita, serta mampu menunjukkan betapa pedulinya kita terhadap sesama, terutama yang terkena dampak Covid," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Momentum Penting

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menganggap bahwa konser ini menjadi momentum penting bagi semua pihak untuk membantu pihak-pihak yang terdampak Covid-19.

"Acara malam ini adalah acara yang digagas pleh para seniman dan para pekerja seni. Tapi bukan hanya untuk mereka saja, mereka menggagas ini untuk saudara-saudara yang lain," ujarnya dalam tayangan Liputan6 SCTV di Vidio.com, Senin (18/5/2020).

"Kelompok-kelompok masyarakat yang lain, yang mengalami hal yang sama. Dari mulai nelayan, peternak, petani, dan setrusnya. Donasi yang terkumpul pada malam ini didedikasikan kepada yang memberlkan," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Deretan Artis

Selain Bimbo, para penyanyi kenamaan kelas nasional juga turut menyumbangkan suara mereka, antara lain adalah Judika, Rosa, dan Via Vallen. Bahkan, Reza Rahadian juga ikut menyumbangkan suaranya dalam konser ini.

Turut bergabung juga Lyodra, Giring Ganesha, Shanna Shanon, Marcella Zalianty, Olivia Zalianty, Johan Purba, Dennis Adhiswara, Anna Tarigan, Amara, Frans Mohede, Aghny Haque, Prlly Latuconsina, Olla Ramlan, Joe Taslim, Titi Kamal, dan masih banyak lagi.

5 dari 5 halaman

Deretan Pejabat dan Tokoh Nasional

Bergabung dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Maruf Amin sejumlah pejabat negara dan tokoh bangsa yang turut berpartisipasi, ikut meramaikan acara ini dari tempatnya masing-masing.

Mereka adalah Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyala Mattalitti, Ketua Mahkamah Agung M.Syarifuddin, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, dan Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus.

Turut bergabung juga Ketua BPK Agung Firman, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Azis, Jaksa Agung Burhanuddin, Kapala BNPB Doni Monardo, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Kominfo Johnny G Plate, dan Menteri Parekraf Whisnutama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS