Sukses

Resep Dalgona Coffee ala Artis K-Pop

Liputan6.com, Jakarta Sekitar dua minggu belakangan dalgona coffee menjadi salah satu resep minuman yang kerap dibicarakan publik.

Minuman asal Korea Selatan tersebut ngetren sejalan dengan imbauan social distancing, yang membuat orang berdiam diri saja dalam rumah. Pasalnya, ketimbang bingung karena tak bisa keluar rumah untuk membeli kopi di kedai minuman langganan, mereka memilih untuk membuat sendiri dalgona coffee.

Para idola K-Pop seperti Kang Daniel, Juyeon The Boyz, Dongpyo eks X1 dan lainnya bahkan membuat konten tentang minuman ini.

Apa itu dalgona coffee?

2 dari 4 halaman

Dalgona

Dalam video Pop in Seoul dari kanal YouTube Arirang, nama kopi ini berasal dari nama makanan ringan asal Korea, dalgona. Selain bentuknya mirip, keduanya dibuat dengan cara serupa yakni diaduk.

Lantas bagaimana cara membuatnya? Yang dibutuhkan adalah kopi instan, gula, air, dan susu. Satu tips dari Byeongkwan A.C.E yang menjadi MC Pop in Seoul, adalah menggunakan air panas untuk hasil yang lebih baik.

3 dari 4 halaman

400 Kali

Kopi instan, gula, air diukur dalam perbandingan rasio yang sama, 1:1:1. Ketiga bahan ini diaduk terus menerus sehingga menjadi buih padat dengan menggunakan whisk.

Byeongkwan A.C.E menyebut katanya, dalgona coffee perlu dikocok sedikitnya 400 kali. Tapi ternyata menurutnya, jumlahnya masih terlalu sedikit, minuman ini harus dikocok lebih dari itu. Kang Daniel yang mengocok campuran bahan ini dengan tangan, bahka membutuhkan waktu sekitar 15 menit. 

Agar tidak melelahkan, proses ini bisa dilakukan dengan mixer. Sejumlah YouTuber juga melakukan cara lain, dengan memasukkan bahan ini ke dalam botol, lalu dikocok berulang sehingga teksturnya menjadi buih padat.

4 dari 4 halaman

Dituang ke Susu

Hasilnya, lantas dituang ke gelas yang berisi susu. Lebih segar lagi, bila susu ini bersuhu dingin atau diberi es.

Selamat mencoba.