Sukses

7 Potret Unik Rama Aiphama dari Gaya Busana hingga Genre Musik

Penampilan unik Rama Aiphama di panggung menjadikan dirinya ikonis.

Liputan6.com, Jakarta - Meninggalnya Rama Aiphama di usia 60 pada Rabu (11/3/2020), tak hanya menyisakan duka bagi para pecinta musik lawas di Indonesia. Sejumlah hal menarik pun sempat ditorehkan semasa hidupnya.

Penyanyi senior bernama lengkap Sayyid Mohammad bin Syagab Al-Idrus ini memiliki sejumlah lagu dengan genre musik unik. Begitu juga dengan penampilan Rama Aiphama yang berbeda dari kebanyakan orang.

Penampilan nyentrik Rama Aiphama memang kerap diperlihatkannya di hampir setiap penampilan. Baik itu video klip maupun ketika ia bernyanyi di atas panggung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Pencipta Lagu

Sebelum tampil sebagai penyanyi, Rama Aiphama bergelut sebagai komposer dan pencipta lagu. Sayangnya, ketika terjun sebagai penyanyi, albumnya kurang mendapat sambutan. Namun namanya langsung diperhitungkan di industri musik.

3 dari 10 halaman

Puncak Kesuksesan

Puncak kesuksesan Rama Aiphama di industri musik ia rasakan pada era 1990-an. Lagu daur ulang "Dinda Bestari" karya Mus Mulyadi melambungkan namanya. Selain itu, ia juga populer setelah membawakan ulang "Yen Ing Tawang Ono Lintang Cah Ayu".

4 dari 10 halaman

Apa Saja?

Nah, kembali pada keunikannya, Rama Aiphama memang berhasil menyorot perhatian publik berkat hal tersebut. Lantas, apa saja hal-hal unik yang sempat ditonjolkan Rama Aiphama semasa hidupnya? Yuk kita ikuti deretannya berikut ini.

5 dari 10 halaman

1. Baju ala Gamis

Pakaian yang sering dikenakan oleh Rama Aiphama adalah baju panjang yang menjuntai ala gamis. Bahkan ia memiliki berbagai macam corak dengan warna-warna mencolok.

6 dari 10 halaman

2. Topi Ala Reggae

Topi tinggi khas penyanyi reggae yang sering dipakai Rama Aiphama juga menambah keunikan tersendiri pada setiap penampilan. Terkadang, topi ini memiliki corak senada dengan bajunya.

7 dari 10 halaman

3. Kacamata Hitam

Selain baju dan topi, Rama Aiphama juga sering memakai kacamata hitam dalam berbagai mode.

8 dari 10 halaman

4. Genre Musik yang Unik

Tak sekadar penampilan. Genre musik yang dinyanyikan oleh Rama Aiphama juga terbilang sangat unik. Genre keroncong dangdut, keroncong disko, dan disko reggae pernah diusungnya.

9 dari 10 halaman

5. Lagu Daur Ulang

Satu lagi hal menarik dari Rama Aiphama adalah kesuksesannya membawakan lagu keroncong milik Mus Mulyadi yang berjudul "Dinda Bestari". Dalam versinya, Rama merombaknya menjadi irama pop dangdut yang lebih riang.

10 dari 10 halaman

6. Gonta-Ganti Label

Sepanjang kariernya, Rama Aiphama juga beberapa kali gonta-ganti label. Mulai dari Violetta Records, Atlantic Records, sampai akhirnya langgeng di EMI Music Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini