Sukses

Eminem Tampil di Piala Oscar 2020, Membayar Momen Ketiduran 17 Tahun Lalu

Liputan6.com, Los Angeles - Musisi rap Eminem menjadi salah satu kejutan dalam Piala Oscar 2020. Tanpa ada kabar atau isu yang berembus sebelumnya, ia tampil dalam perhelatan terbesar di industri perfilman yang diselenggarakan di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, pada Senin (10/2/2020) pagi waktu Indonesia.

Penampilannya di Piala Oscar 2020 diawali dengan cuplikan video yang diperkenalkan aktor Lin-Manuel Miranda, mengenai penggunaan lagu-lagu pop dalam sinema. Video ini diakhiri dengan lagu "Lose Yourself" Eminem yang meraih piala Oscar pada 2003 untuk Soundtrack Terbaik di film 8 Mile.

Setelah video berakhir, tiba-tiba intro lagu ini dibawakan, dan Eminem pun muncul di panggung Oscar 2020 dengan pakaian serba hitam. Lagu "Lose Yourself" terasa kian megah karena mendapat sentuhan orkestra Oscar yang mengiringinya.

2 dari 6 halaman

Reaksi Hadirin

Reaksi para hadirin atas penampilan Eminem pun begitu meriah. Sebagian besar ikut menggoyangkan kepala dan badan mereka. Kocaknya, sutradara Martin Scorsese sempat tertangkap kamera dengan mimik wajah kaku, tak terlihat begitu menikmati penampilan sang rapper.

3 dari 6 halaman

Absen

Penampilan Eminem ini bisa dibilang sebagai "pembayaran" atas absennya dalam ajang Oscar 17 tahun lalu.

People pada 2003 memberitakan bahwa Eminem saat itu memang tak berniat untuk mendatangi Oscars. Alasannya, ia merasa perhelatan ini bukan ajang yang tepat baginya.

 

4 dari 6 halaman

Nonton Kartun

People menambahkan, saat Barbra Streisand mengumumkan kemenangannya di Oscars 2003, sang rapper tak bisa merasakan langsung momen spesial ini, meskipun hanya dari layar TV.

Kala itu, ia sudah tidur bersama anak perempuannya, Hailie. Malam itu ia bahkan tak menonton siaran Oscars, melainkan acara kartun anak-anak yang disetel untuk Hailie.

 

5 dari 6 halaman

Another Shot, Another Opportunity

Sesaat setelah penampilannya dalam Oscars 2020, Eminem mengunggah video kemenangannya 17 tahun lalu di akun Twitter pribadinya. Ia juga menuliskan petikan lirik "Lose Yourself".

"Look, if you had another shot, another opportunity... Terima kasih sudah membawaku @TheAcademy. Maaf perlu waktu 18 tahun untuk membawaku ke sini," kata Eminem. 

6 dari 6 halaman

Dirahasiakan

Vanity Fair mencatat bahwa penampilan Eminem tersebut memang sangat dirahasiakan, sampai detik-detik saat dia tampil. Dalam salinan dokumen yang menjadi pegangan para kru, segmen untuk Eminem hanya diberi tulisan Omit Item, alias penjelasannya dihilangkan.  

Di belakang panggung, manajer panggung menyediakan ruang khusus sebelum Eminem dan anggota band yang mengiringinya keluar. Tak cuma itu, hanya sedikit yang mengenali sang rapper karena ia mengenakan topi dan berjenggot. 

Charlize Theron dan Kristen Wiig yang berada di belakang panggung disebut buru-buru menuju venue acara demi melihat penampilan Eminem.