Sukses

Bopak Castello Pasrah Sakit Paru-Parunya Tak Bisa Disembuhkan

Liputan6.com, Jakarta Melihat keceriaannya di layar kaca, mungkin tak banyak yang menyangka bila komedian Bopak Castello mengidap sakit yang serius. Ia telah hidup dengan satu paru-paru saja sejak 2019 lalu. 

Meski begitu, Bopak Castello mengungkap bahwa kesehatannya sudah berangsur membaik. Hanya saja, ia memang tak boleh beraktivitas terlalu banyak.

"Iya jadi milih kerjaan. Dalam arti misalnya nyaman buat Bopak, ya diambil, misalnya enggak nyaman, ya enggak, karena kita ngukur diri aja," kata Bopak Castello di Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020). 

 

2 dari 4 halaman

Sembuh

Meski begitu, tak ada kemungkinan paru-paru Bopak dapat sembuh seperti sedia kala. Pelawak berusia 52 tahun sudah berlapang dada menerima kenyataan tersebut. 

“Sudah enggak bisalah (untuk sembuh)  karena itu sudah enggak berfungsi lagi, kan sudah bocor. Paru itu kayak serambi kan titik titik, bocor satu, dua enggak bisa ditambal lagi," ia menerangkan.

 

3 dari 4 halaman

Meringankan

Walau tak ada kemungkinan untuk sembuh, Bopak Castello tetap berusaha meringankan sakitnya dengan mencoba berbagai metode pengobatan, dari medis hingga non medis. 

"Kita minum-minum jamu aja, itu enak. Sempat kita berobat secara non medis, supranatural, ada efeknya, tapi intinya kan semua sugesti. Kemarin juga ada obatnya untuk membasmi agar tidak kena virus tuberculosis," ungkapnya.

 

4 dari 4 halaman

Happy

"Selalu minum obat alami juga kayak kita minum daun salam, sereh, itu ternyata bagus, sirsak, madu. Itu kita lakonin semua. Makanya kita happy aja terus," Bopak Castello mengakhiri.