Sukses

B.I Tetap Terlibat dalam Album Baru iKON, Ini Penjelasan YG

Liputan6.com, Seoul - Meski B.I telah keluar dari iKON, album baru grup ini rupanya masih akan mendapat sentuhannya. Ya, sejumlah lagu yang ikut diciptakan pria bernama asli Kim Han Bin ini masih akan nongol dalam mini album iKON bertajuk I Decide.

Mini album ini, akan rilis pada 6 Februari mendatang.

Penjelasan mengenai keterlibatan B.I dalam album ini diungkapkan perwakilan YG Entertainment dalam pernyataan resminya, Rabu (29/1/2020).

Awalnya, YG menjelaskan bahwa mini album yang berisi lima lagu ini mulai dikerjakan pada awal 2019 dan akan dirilis pertengahan tahun tersebut. Namun keluarnya B.I secara mendadak dari iKON akhirnya mengubah rencana perilisan tersebut.

"Agensi melakukan diskusi internal secara sangat hati-hati mengenai materi yang telah selesai sejak awal 2019," tutur juru bicara YG.

2 dari 6 halaman

Dua Opsi

Ada dua hal opsi yang sempat dipertimbangkan oleh YG. Yang pertama adalah menyingkirkan semua lagu yang ikut dibuat B.I. Termasuk dalam hal lirik dan komposisi. Alhasil bila opsi ini diambil, iKON harus mengulang pengerjaan album dari awal.

3 dari 6 halaman

Dampak Negatif

"Namun, tidak mungkin untuk tidak mempertimbangkan pengaturan waktu comeback iKON, dan pemunduran ini akan berdampak mereka akan terlalu lama tidak aktif," tutur jubir YG.

 

4 dari 6 halaman

Opsi Kedua

Opsi kedua adalah membuang semua bagian rap yang melibatkan B.I serta membuat melodi baru, kemudian mengulang rekaman. Hanya saja, hal ini membuat proses pembuatan album menjadi lebih rumit.

Akhirnya diputuskan untuk tetap mempertahankan lagu-lagu yang melibatkan B.I.

 

5 dari 6 halaman

Tak Mau Main-Main

Dalam pernyataannya, YG juga mengucapkan maaf karena merasa tak mampu mengurus iKON dengan baik.

"Meski penyesalan datang belakangan, YG tak akan main-main dalam memberikan segalanya untuk melindungi keenam anggota iKON yang tersisa," kata jubir

6 dari 6 halaman

Keluar dari iKON

Leader iKON, B.I, memutuskan untuk keluar dari grup ini setelah muncul pemberitaan bahwa ia mencoba membeli narkoba jenis LSD pada 2016. Sementara itu mantan bos YG, Yang Hyun Suk, dituduh telah memengaruhi saksi dalam kasus ini untuk membatalkan testimoninya mengenai keterlibatan B.I. 

Sementara itu, meski mengaku sempat tergoda, B.I menegaskan tak mengonsumsi LSD. Namun ia tetap keluar dari iKON pada 12 Juni lalu.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengapa iKON Merasa Aneh Saat Gelar Comeback Dive?