Sukses

Ford V Ferrari Dibintangi Christian Bale Beraksi Di Bioskop, Ini 5 Fakta Menariknya

Film Ford V Ferrari digadang-gadang menjadi salah satu kandidat kuat Oscars awal tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta Film Ford V Ferrari digadang-gadang menjadi salah satu kandidat kuat Oscars awal tahun depan.

Dibintangi Matt Damon dan Christian Bale, Ford V Ferrari mengisahkan persahabatan Carroll Shelby (Matt) dan Ken Miles (Christian).

Keduanya berupaya mewujudkan mimpi perusahan otomotif Ford berlaga di arena balap Le Mans 66, Prancis. Memasuki musim festival, Ford V Ferrari telah memetik tiga kemenangan di Hollywood Film Awards.

Film ini menang di kategori Penyunting Gambar, Penata Suara, dan Sutradara Terbaik. Showbiz Liputan6.com menampilkan lima fakta menarik seputar Ford V Ferrari untuk Anda. Selamat menyimak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tom Cruise dan Brad Pitt Batal Tampil

Awalnya proyek Ford V Ferrari diberi judul Go Like Hell. Tom Cruise dan Brad Pitt yang didapuk untuk menjadi aktor utama. Setelah melewati sejumlah pertimbangan, judul kemudian diganti.

Posisi duo Tom Cruise-Brad Pitt juga digantikan Matt Damon dan Christian Bale. Meski dirilis dengan judul resmi Ford V Ferrari, di beberapa negara Eropa seperti Prancis, Belanda, dan Jerman, film ini berjudul Le Mans 66.

Le Mans merujuk pada pertandingan balap mobil di Prancis yang menjadi klimaks film ini.

3 dari 6 halaman

2. Bobot Christian Bale Turun 31 Kg

Ford V Ferrari mengundang decak kagum sejumlah kritikus. Salah satunya, berkat performa Christian Bale yang bikin pangling. Demi peran Ken Miles, bintang film The Dark Knight Rises ini rela mengurangi berat badan hingga 31 kg.

Padahal sebelum tampil di Ford V Ferrari, Christian Bale syuting film Vice yang mengharuskannya menambah berat badan hingga 22,5 kg.

Christian Bale hanya punya waktu tujuh bulan untuk menurunkan bobot. Matt Damon menyebut kedisiplinan Christian Bale menjaga pola makan adalah kuncinya.

4 dari 6 halaman

3. Biaya Produksi Rp 1,36 Triliun

Adegan puncak film ini, yakni balap mobil di sirkuit Le Mans tahun 1966. Tahukah Anda, eksekusi adegan ini dilakukan di 5 lokasi berbeda.

Selain faktor cuaca, presisi posisi mobil di tiap detail waktu selama pertandingan menjadi tantangan tersendiri bagi sutradara James Mangold. Bisa jadi, inilah yang membuat biaya produksi Ford V Ferrari tidak kecil.

Rumah produksi Chernin Entertainment kabarnya mengucurkan dana 97,6 miliar dolar AS atau sekitar 1,36 triliun rupiah. Itu belum termasuk biaya promosi, lo!

5 dari 6 halaman

4. Kursus Balap Mobil Privat

Omong-omong soal Ferrari, semula Christian Bale dipinang untuk memerankan Enzo Ferrari di film besutan Michael Mann. Film ini direncanakan rilis tahun depan.

Christian Bale mundur dari proyek itu karena merasa tak bisa mencapai berat badan yang diinginkan, sesuai tuntutan peran tepat waktu. Peran itu akhirnya jatuh ke tangan Hugh Jackman.

Christian Bale menyatakan, peran Ken Miles butuh persiapan njelimet. Untuk meyakinkan penonton bahwa ia pembalap nomor wahid, sang aktor menjalani kursus balap mobil privat di Bondurant High Performance Driving School.

 

6 dari 6 halaman

5. Matt Damon Merasa Mirip Shelby

Matt Damon merasa dirinya mirip Carroll Shelby. Ketika diwawancara Entertainment Weekly pada September 2019, bintang film The Martian ini mengaku terkoneksi dengan Shelby maupun Ken Miles.

"Saya terkoneksi dengan keduanya, khususnya Shelby, penggagas ide kerja sama maupun kolaborasi dengan pihak lain untuk menghasilkan sesuatu yang berdampak pada dunia. Ken Miles dan Shelby punya minat yang sama di bidang otomotif. Mereka membangun mimpi ini dan bekerja sama untuk sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini