Sukses

Reza Oktovian Hilangkan Muhammad dari Nama Depannya, Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Reza Oktovian membuat pengakuan mengejutkan terkait namanya. Jarang ada yang mengetahui bahwa nama asli Reza Oktovian adalah Muhammad Reza Oktovian.

Namun sejak tahun ini, Reza Oktovian mengganti namanya dengan menghapus kata Muhammad di depan namanya. Hal itu diakuinya saat menjadi bintang tamu dalam video yang diunggah di kanal YouTube Deddy Corbuzier.

"My real name was Muhammad Reza Oktovian, then i changed to Reza Oktovian," kata Reza Oktovian dalam video yang diunggah di kanal YouTube Deddy Corbuzier, beberapa waktu lalu.

Dalam video tersebut, Reza Oktovian mengungkapkan alasan mengapa ia memilih untuk menanggalkan nama tersebut.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 5 halaman

Tak Pantas

Dari penjelasannya, Reza Oktovian merasa tidak pantas menyandang nama tersebut. Sementara, Muhammad adalah nama yang begitu suci bagi umat Islam.

"Karena itu nama pemberian dari nyokap gue, bukan gue yang mau. Gue tidak pernah memilih untuk punya nama itu dan gue merasa terbebani dengan nama itu karena everythings in my body, my behaviour, my habbit, my jobs, banyak lah," ungkap Reza Oktovian.

 

3 dari 5 halaman

Khawatir Mencoreng

Berkaca pada dirinya sendiri, Reza Oktovian mengatakan bahwa ia tidak ingin mencoreng nama Muhammad karena perilakunya selama ini. Sejak saat itulah ia berniat untuk mengubah namanya.

"It's a good name, Itu kan prophet, dan suci, gue enggak mau merusak itu ya, karena itu nempel di nama gue dan itu beban buat gue dari semenjak gue tahu nama gue, sampai waktu itu gue ganti," lanjut Reza Oktovian.

4 dari 5 halaman

Resmi

Malahan, penggantian nama itu sudah resmi dan tercatat secara hukum, "and it's legal, gue gantinya legal secara hukum, pemerintahan, semua gue ganti. Sekarang nama Muhammad Reza Oktovian sudah tidak ada. Reza Oktovian saja," tegasnya.

5 dari 5 halaman

Disetujui Orangtua

Keputusan Reza Oktovian untuk mengubah namanya ini juga sudah diketahui ibundanya. Reza Oktovian mengatakan bahwa ia sang ibunda pun sudah mengizinkan dirinya untuk menghapus nama Muhammad di depan namanya. 

"Dia (ibu) enggak pernah memaksa gue apa-apa, enggak pernah. Karena dia juga sadar itu nama pemberian dia dan dulu dia dari satu keluarga itu enggak ada yang setuju dikasih nama Muhammad," ujar Reza Oktovian. 

"Tapi bukan berarti tidak menghargai nyokap gue, cuma ya gue juga punya hak atas diri gue penuh," lanjutnya. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Bak Kembar, Selebgram Cindercella Cosplay Jadi Deddy Corbuzier Ini Mirip Banget
Artikel Selanjutnya
Aming Masih Cinta Evelyn Nada Anjani