Sukses

BJ Habibie Dipanggil Eyang Oleh Rakyat Indonesia, Begini Reaksi Pihak Keluarga

Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie telah berpulang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie telah berpulang. Namun spirit dan teladan perihal cinta sejati terus melekat di benak masyarakat Indonesia. Rakyat Indonesia memanggil BJ Habibie eyang, bukan bapak.

Putra BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, rupanya menyadari ayahnya dijadikan eyang oleh rakyat Indonesia. Kepada Showbiz Liputan6.com, Ilham Akbar Habibie menyampaikan respon pihak keluarga soal gelar Eyang tersebut.

Pertama, keluarga besar tak keberatan jika BJ Habibie disebut Eyangnya bangsa Indonesia. “Bapak mencoba dekat dengan anak muda. Bapak menjadi eyang bagi bangsa Indonesia. Semua orang menyebutnya eyang. Saya sendiri sering memanggilnya Eyang karena mengikuti kebiasaan banyak orang, padahal saya, kan anak kandungnya. Lucu juga, sih,” beber Ilham Akbar Habibie di Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ia melanjutkan. BJ Habibie sejak awal memang ingin meminimalkan jarak dengan rakyat Indonesia, khususnya generasi muda. “Jadi semua orang boleh memanggil Bapak saya eyang,” imbuhnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melanie Subono Jadi Ukuran

Rupanya, BJ Habibie punya peraturan di kediamannya. Cucu tertua usianya 42 tahun yakni Melanie Subono, sepupu Ilham Akbar Habibie. Usia Melanie Subono kemudian dijadikan patokan di keluarga besar.

“Semua yang usianya 42 tahun ke bawah boleh memanggil Bapak saya eyang. Dan saya mendukung keputusan Bapak untuk senantiasa dekat dengan masyarakat Indonesia,” urai pria kelahiran 16 Mei 1963 ini. 

 

3 dari 3 halaman

Dekat dengan Cucu

Ilham Akbar Habibie menambahkan, semasa hidupnya, BJ Habibie dikenal dekat dengan para cucu.

“Sangat dekat, meski lokasi para cucu sedang berjauhan. Anak saya yang pertama, Nadia, kuliah di Amerika Serikat, lalu Inggris dan pernah kerja di Inggris juga. Yang bungsu, Tiffany masih SMA. Saat ini sekolah di Jakarta. Ia mau kuliah di Jerman. Eyang Habibie senang karena ada cucu yang menyusul jejaknya ke Jerman. Kalau Pasha sejak SMA sudah di Amerika,” Ilham Akbar Habibie mengakhiri perbincangan. (Wayan Diananto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini