Sukses

Drummer Band Cream Ginger Baker Meninggal Dunia

Ginger Baker adalah rekan Eric Clapton dalam band Cream.

Liputan6.com, London - Kabar duka datang dari Ginger Baker, drummer dari band rock asal Inggris, Cream. Pria dengan nama asli Peter Edward Baker itu meninggal dunia dalam usia 80 tahun di Canterbury, Inggris, pada Minggu (6/10/2019) waktu setempat.

Berita duka tentang Ginger Baker dikabarkan langsung oleh pihak keluarga melalui akun resmi media sosial milik drummer berpengaruh ini. 

"Kami sangat sedih untuk mengatakan bahwa Ginger telah meninggal dunia dengan damai di rumah sakit pagi ini. Terima kasih kepada semua orang atas pesan-pesan yang baik dalam beberapa pekan ini," tulis keluarga Braker di akun @GingerBDrums, Minggu pagi lalu. 

Keluarga mendiang Jack Bruce, rekannya di grup band Cream yang didirikannya bersama Eric Clapton pada 1966, juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Baker.

"Keluarga Bruce menyampaikan belasungkawa tulus kepada keluarga, teman, dan penggemar Ginger Baker. Bertahan dari hubungan benci cinta, Ginger seperti kakak laki-laki bagi Jack, chemistry mereka benar-benar spektakuler. RIP Ginger, salah satu drummer terhebat sepanjang masa," tulisnya. 

Anggota The Beatles, Paul McCartney juga memberikan penghormatan terakhir bagi Ginger Baker dengan mengenang kerja sama mereka dahulu.

"Kami bekerja bersama di album Band on the Run di ARC Studio, Lagos, Nigeria. Sedih mendengar bahwa dia meninggal tetapi kenangan tak akan pernah (meninggal)," kata Paul McCartney. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Karier

Ginger Baker sendiri awalnya bergabung dalam Graham Bond Organisation (GBO) bersama Graham Bond (vokalis dan organ), Mike Falana (terompet), dan Dick Heckstall-Smith.

Setelah itu, Baker bertemu dengan Jack Bruce dan Eric Clipton dan membentuk grup baru bersama Cream pada 1966, menurut laman resmi Ginger Baker.

Cream mencapai kesuksesan di seluruh dunia tetapi hanya bertahan sampai 1968. Salah satunya adalah naik turunnya hubungan antara Ginger Baker dengan Jack Bruce. Sang drummer pernah bekerja bersama Erip Clapton di Blind Faith dan Ginger Baker's Air Force, lantas membuat rekaman di Afrika pada 1970-an.

Di antara kolaborasi lain Baker adalah karyanya dengan Gary Moore, Masters of Reality, Public Image Ltd, Hawkwind, Atomic Rooster, Bill Laswell, bassis jazz Charlie Haden, gitaris jazz Bill Frisell dan Ginger Baker's Energy.

 

(Antaranews.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini