Sukses

Sebelum Menonton, Simak 4 Fakta Menarik Film Makmum

Film Makmum digarap oleh produser Dheeraj Kalwani dan sutradara Hadrah Daeng Ratu.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia perfilman Tanah Air sedang diramaikan dengan kehadiran film Makmum. Film bergenre horor ini sudah tayang di bioskop sejak Kamis (15/9/2019). Titi Kamal, Bianca Hello, Tissa Biani, dan Adila Fitri turut meramaikan film Makmum.

Film Makmum digarap oleh produser Dheeraj Kalwani dan sutradara Hadrah Daeng Ratu. Makmum bercerita tentang gangguan sosok tak kasat mata yang dirasakan oleh para penghuni asrama. Kata makmum sendiri adalah sebutan untuk makhluk halus.

Diawali oleh keluhan tiga anak asrama yang menetap saat liburan tiba. Mereka mengeluh sering mendapat gangguan makhluk halus, terutama saat sedang salat. Setelah Rini (Titi Kamal) bertemu dengan ketiga anak, ia menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan asrama tersebut.

Rini mencoba menguak misteri hingga ia tidak tahu bahwa nyawanya sedang terancam. Berikut adalah empat fakta menarik dari film Makmum yang dirangkum Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Diadaptasi dari Film Pendek

Makmum diadaptasi dari film pendek dengan judul sama karya Riza Pahlevi. Film pendek ini berdurasi sekitar tujuh menit dan sudah diunggah di YouTube sejak 2016. Hingga kini, video tersebut sudah dilihat sebanyak 19 juta kali.

Makmum versi pendek berhasil meraih beberapa penghargaan. Best Horror di HelloFest 2016, Direction Special Mention dalam The Crappy International Movies in Sueca di Spanyol 2016, dan Best Ideas Film and Audience's Favorit di Salatiga Film Festival 2017 adalah sederet penghargaan tersebut.

3 dari 5 halaman

2. Film Horor Pertama Titi Kamal

Titi Kamal sering muncul dalam film-film Indonesia bergenre romantis. Series film Ada Apa dengan Cinta, Eiffel I'm in Love, dan Insya Allah Sah adalah sedikit dari sederetan film yang diperankan oleh Titi Kamal.

Sebelumnya, pada 2016 Titi Kamal juga membintangi film horor komedi berjudul Hangout. Namun, Makmum menjadi film yang 100 persen horor pertama bagi Titi Kamal.

4 dari 5 halaman

3. Tayang di Empat Negara

Selain Indonesia, film Makmum juga ditayangkan serentak di luar negeri. Tiga negara itu adalah Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Ketiga negara ini dipilih karena antusias penonton yang tinggi di negara-negara tersebut.

Kabar ini disampaikan di akun official Instagram @makmummovie. "Diangkat dari film pendek @rizapahlevittm yang sudah ditonton lebih dari 17 juta kali, 'MAKMUM' akan diputar di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam."

5 dari 5 halaman

4. Cerita Aneh saat Syuting

Proses syuting film bergenre horor biasanya selalu menyisakan cerita mistis, tidak terkecuali Makmum. Titi Kamal mengungkapkan ada tiga kejadian aneh yang dialami oleh pemain dan kru film.

Para pemain dan kru mengaku kerap mendengar suara mendesah seperti orang sesak napas, berbisikan, dan suara orang sedang mandi. Namun setelah diselidiki, tidak ada wujud atau sumber suaranya. (Maria Advensiani/mgg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.