Sukses

Bumi Manusia Lulus Sensor 17 Tahun Ke Atas, Begini Reaksi Iqbaal Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta Film Bumi Manusia makin panas dibicarakan publik. Film yang menempatkan Iqbaal Ramadhan dan Mawar De Jongh sebagai pemeran utama ini lulus sensor untuk 17 tahun ke atas. 

Banyak yang terkejut atas putusan Lembaga Sensor Film (LSF) ini tak terkecuali Iqbaal Ramadhan. Showbiz Liputan6.com telah menonton Bumi Manusia. Konten film maupun adegannya relatif aman. Beberapa pemerhati film sempat mempertanyakan mengapa Bumi Manusia tidak lulus sensor untuk 13 tahun ke atas. Terkait hal ini, Iqbaal Ramadhan angkat bicara.

"Saya percaya (putusan LSF) ini yang terbaik. Pasar bisa dibentuk dan mengikuti. Lulus sensor untuk 17 tahun ke atas, bukan karena kami ingin membatasi penonton (yang masuk ke bioskop). Seperti pernyataan sebelumnya, inginnya film ini untuk 13 tahun ke atas," terang Iqbaal Ramadhan ditemui di Epicentrum XXI Jakarta Selatan, Selasa (12/8/2019).

Iqbaal Ramadhan menambahkan, “Sejauh ini belum ada protes dari penggemar maupun pembaca (terkait label 17 tahun ke atas itu).

Menurutnya, label 17 tahun ke atas bukan kemauan para pemain, kru, maupun produser. Melainkan, pernyataan resmi dari LSF. Meski demikian, Iqbaal Ramadhan optimistis film yang diusung dari karya legendaris Pramoedya Ananta Toer itu akan sukses di pasar. 

2 dari 2 halaman

Lega

Yang melegakan, sejumlah pemerhati film menilai akting Iqbaal Ramadhan di Bumi Manusia bergerak maju. Disinggung hal ini, mantan personel CJR tersenyum lega lalu menghela napas panjang. 

"(Peran) ini amanat dan tanggung jawab besar yang saya emban. Ini tanggung jawab saya untuk satu Indonesia. Sejujurnya saya tidak berharap apa pun, hanya ingin menjadi karakter. Dan saya memberikan 110 persen energi saya,” ungkap Iqbaal Ramadhan.

Ia tak menyangka respons publik begitu hangat. Bahkan, ada yang menyebut Iqbaal Ramadhan mampu lepas dari bayang-bayang Dilan. "Lepas dari bayang-bayang Dilan itu sebuah pencapaian. Kayaknya semua aktor menginginkan itu, sama seperti Johnny Depp bisa lepas dari Jack Sparrow untuk menghidupkan Willy Wonka," tutupnya.(Wayan Diananto)

Loading
Artikel Selanjutnya
Bumi Manusia Sukses, Christine Hakim Kirim Pujian Buat Hanung Bramantyo
Artikel Selanjutnya
Mengulik Peran Minke dalam Film Bumi Manusia Bersama Iqbaal Ramadhan