Sukses

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Ini Kisah Legendanya yang Difilmkan

Keberadaan Gunung Tangkuban Parahu terkait legenda yang cukup terkenal di tanah Sunda, yaitu cerita Sangkuriang dan ibundanya, Dayang Sumbi.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Tangkuban Parahu yang terletak di Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (26/7/2019) mengalami erupsi. Sontak, berita tersebut menggemparkan masyarakat seluruh Indonesia.

Keberadaan Gunung Tangkuban Parahu terkait dengan legenda yang cukup terkenal di tanah Sunda. Yaitu cerita tentang Sangkuriang dan ibundanya, Dayang Sumbi.

Diceritakan, Gunung Tangkuban Parahu terbentuk dari sebuah perahu yang dibuat oleh Sangkuriang, atas permintaan Dayang Sumbi. Sangkuriang jatuh cinta pada Dayang Sumbi/Rarasati, yang ternyata ibu kandungnya sendiri.

Untuk menggagalkan niat sang putra menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam semalam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suzzana dan Clift Sangra

Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Kisah tersebut kemudian diangkat menjadi sebuah film berjudul Sangkuriang. Film Sangkuriang dibuat padatahun 1982 dengan disutradarai oleh Sisworo Gautama dan dibintangi oleh Suzzanna dan Clift Sangra.

Mengutip dari Wikipedia, Clift Sangra menjalin kisah asmara dan naik pelaminan setelah bermain dalam film Sangkuriang dengan Suzzanna, pada tahun 1983. Tahun 2008, aktris legendaris yang juga dikenal lewat film horor ini meninggal dunia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.