Sukses

Bukan karena Diprotes, Ini Alasan Nicki Minaj Batal Manggung di Arab Saudi

Sebagian masyarakat Arab Saudi mengekspresikan kekecewaannya terhadap keputusan Nicki Minaj.

Liputan6.com, Los Angeles - Rencana penyelenggara Jeddah World Fest mendatangkan Nicki Minaj dalam festival musik yang bakal digelar 18 Juli mendatang ini, buyar sudah. Rapper wanita yang dikenal dengan busana terbuka dan penampilan provokatif ini, menyatakan batal tampil di Arab Saudi.

Kritik dan protes memang muncul setelah Nicki Minaj diumumkan tampil di festival ini, tapi bukan ini yang menjadi alasan utama sang rapper membatalkan penampilannya. Hal ini terkait dengan dukungan Nicki Minaj terhadap hak perempuan dan komunitas LGBTQ.

"Meski yang saya inginkan hanya menampilkan pertunjukan kepada penggemar di Arab Saudi, setelah memahami lagi masalahnya, saya percaya penting untuk menegaskan dukungan terhadap hak perempuan, komunitas LGBTQ, dan kebebasan berekspresi," ujar penyanyi "Starships" itu dalam keterangan pers seperti dilansir Reuters.

Sebelumnya, Organisasi Hak Asasi Manusia yang berbasis di New York juga telah meminta Nicki Minaj untuk membatalkan penampilannya di Arab Saudi. Pasalnya hal ini dianggap bertentangan dengan partisipasi sang rapper dalam Gay Pride di New York pada Juni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dipuji

Kepala Eksekutif Organisasi HAM Thor Halvorssen menyambut baik keputusan Minaj dan memujinya sebagai "keputusan bijaksana dan menginspirasi untuk menolak usaha transparan rezim Saudi memanfaatkannya demi memoles nama baik."

Pada awal Juli, pihak Arab Saudi mengatakan Jeddah World Fest akan jadi acara musik terbesar di area tersebut. Penampil lainnya meliputi mantan penyanyi One Direction, Liam Payne, dan DJ Amerika Steve Aoki.

Halvorssen berharap Liam Payne akan mengikuti jejak Minaj untuk membatalkan penampilan.

3 dari 3 halaman

Penggemar Kecewa

Ketika festival itu diumumkan, sebagian masyarakat Arab Saudi mengungkapkan kegembiraan tentang kehadiran para musisi dunia ini. Namun, terdapat sebagian masyarakat yang merasa terganggu dengan kostum Minaj yang seronok. Perempuan Saudi diharuskan mengenakan busana tertutup.

Kini, sebagian masyarakat Saudi mengekspresikan kekecewaannya terhadap langkah Nicki Minaj. 

"Kau bilang sudah paham tentang masalahnya, padahal itu tidak benar. Kerja bagus sudah mengecewakan penggemar," ujar Jamil Baabdullah yang tinggal di Jeddah dalam unggahan di Twitter.

"Aku adalah penggemar berat dan ingin sekali bertemu di Jeddah, tapi kau mengecewakanku. Terima kasih," ujar warganet Mohammed al7 juga melalui Twitter.

(Antaranews.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini